fa39c53a3b5a3621f20c2233ca32d123
Aplikasi

7 Aplikasi Editing Audio PC Terbaik dan Terjamin Mudah

Banyak orang yang saat ini menyukai dan menggemari konten audio, seperti podcast. Dan saat orang ingin membuat konten audio seperti itu, pastinya sangat dibutuhkan adanya aplikasi editing audio PC yang mudah digunakan. Adapun beberapa aplikasi yang dapat membantu untuk membuat konten audio tersebut, yaitu:

1. Audacity

Audacity merupakan aplikasi editing audio PC yang paling terkenal dan sangat direkomendasikan oleh banyak orang. Bahkan yang sudah menggunakan aplikasi ini yaitu dari kalangan pemula sampai dengan kalangan profesional. Hal ini karena aplikasi Audacity memiliki tampilan yang mudah digunakan dan memiliki beberapa keunggulan.

Salah satu keunggulannya yaitu aplikasi ini dapat digunakan di berbagai macam jenis perangkat. Lalu, Audacity juga memiliki fitur seperti memotong suara, menghilangkan suara vokal, menggabungkan suara, merekam suara, dan juga memberi efek suara. Selain itu, aplikasi ini juga bersifat open source atau gratis untuk digunakan.

2. Studio One Prime

Studio One Prime ini merupakan aplikasi dalam versi gratis dari PreSonus yang termasuk salah satu perusahaan produsen piranti profesional audio. Lalu, pada aplikasi ini terdapat fitur yang bisa untuk merekam virtual instrument, multi-track, dan FX channel.

Selain memiliki versi gratisnya, perusahaan PreSonus juga membuat aplikasi versi berbayar yaitu Studio One Professional dan Studio One Artist. Lalu, kelebihan versi berbayarnya yaitu mempunyai fitur yang lebih lengkap daripada versi gratisnya.

3. MP3SPLT

MP3SPLT juga termasuk aplikasi editing audio yang bisa jadi rekomendasi bagi banyak orang. Hal itu karena penggunaannya yang mudah sebab tampilan aplikasi dibuat sesimpel mungkin. Namun, walaupun tampilannya simple, fitur-fitur yang disediakan cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan para editor.

Aplikasi MP3SPLT juga bersifat gratis dan mendukung untuk digunakan di berbagai macam PC seperti Windows dan Mac, serta Linux. Lalu, aplikasi ini juga mendukung berbagai macam format seperti flac, ogg, dan lain-lainnya.

4. OcenAudio

OcenAudio merupakan aplikasi editing audio yang cocok untuk digunakan oleh para pemula dan juga kalangan profesional. Hal itu karena tampilan sederhana dari aplikasi ini yang memudahkan para penggunanya untuk mencoba menggunakannya.

Walaupun memiliki tampilan yang simpel, OcenAudio ini tetap mempunyai fitur menarik untuk penggunanya. Dan fitur-fiturnya seperti mengedit file audio dengan ukuran besar, bisa mengakses efek audio dengan VST plugins, dan fitur spectrogram. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki sistem pengeditan audio yang sangat kompleks.

5. WavePad

WavePad merupakan aplikasi buatan dari NCH Software yang sudah sangat terkenal berbagai produk editing. Dan yang membuat orang-orang ingin menggunakannya yaitu karena aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Lalu, WavePad ini juga dapat digunakan pada sistem operasi selain PC seperti Android dan iOS.

Lalu, kelebihan pada aplikasi ini yaitu adanya dukungan format audio dan juga penggunaannya yang mudah. Adapun fitur-fitur pada aplikasi ini yaitu pengeditan yang cepat, efek yang sangat menarik, terdapat alat editing yang baik, dan lain-lain.

6. Adobe Audition

Aplikasi PC ini memang ditujukan kepada editor audio baik pemula maupun yang sudah mahir atau profesional. Aplikasi ini cocok untuk para pemula karena memang tampilannya yang juga sederhana dan tidak membingungkan para penggunanya.

Lalu, Adobe Audition ini juga banyak digunakan karena memiliki fitur yang lumayan lengkap dan yang biasanya dibutuhkan oleh para editor audio. Namun, pada versi gratis ini tidak lebih lengkap daripada versi berbayarnya yang harus membayar per bulannya.

7. Hya-Wave

Aplikasi editing audio yang bisa menjadi rekomendasi selanjutnya yaitu Hya-Wave. Pada aplikasi ini para pengguna bisa merekam suara dengan mikrofon, mengontrol keyboard, dan juga drag and drop berkas audio. Selain itu, tampilan dari aplikasi Hya-Wave juga dibuat sederhana agar tidak menyulitkan para penggunanya.

Lalu, aplikasi ini bisa mengirim hasil rekaman atau editing audio ke sosial media para penggunanya. Dan juga terdapat pula fitur berupa efek seperti amplify, feedback delay dan lainnya. Kemudian, yang membuat para pengguna ingin memakai aplikasi ini yaitu karena Hya-Wave merupakan aplikasi yang gratis.

Itulah beberapa aplikasi editing audio PC yang populer di kalangan editor audio, baik dari para pemula sampai dengan profesional. Dan aplikasi-aplikasi tersebut juga sangat memudahkan dalam proses pengeditan audio karena terdapat fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan orang-orang. Selain itu, dengan adanya aplikasi yang menyajikan tampilan sederhana, pasti dapat lebih memudahkan dalam penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.