684bbb1ba83b0b02cc56106428e3a9e7
Teknologi

Begini Cara Menyimpan File di Google Drive Android yang Praktis

Saat ini ada banyak cara untuk melakukan penyimpanan file baik di PC atau HP. Adapun salah satunya dengan memanfaatkan GDrive, untuk cara menyimpan file di Google Drive android jadi pilihan tepat. Bahkan dokumen yang sudah tersimpan di GDrive ini lebih aman dan bisa diakses kapan saja.

Adapun jenis file yang bisa disimpan beraneka macam, mulai dari foto, video, file pdf, doc, xls dan sebagainya. Jadi pengguna android tidak perlu khawatir ketika harus menyimpan dokumen penting, bisa memanfaatkan Google Drive.

Bagaimana Cara Untuk Simpan File di Aplikasi GDrive?

Bagi pengguna penting untuk memperhatikan saat akan upload file ke Google Drive. Yaitu koneksi yang lancar agar nantinya proses unggahan bisa mudah dan langsung terupload otomatis. Bagaimana langkah yang bisa dilakukan untuk upload file ke GDrive?

1. Cara Menyimpan File di GDrive Android

Bagi pengguna yang ingin save file dari HP android dengan aman, maka bisa memakai Gdrive untuk ruang simpan yang tepat. Pasalnya GDrive ini juga memudahkan penggunanya untuk akses kembali file yang sudah disimpan tanpa khawatir hilang. Inilah langkah yang bisa dilakukan agar mudah menyimpan file di Gdrive, yaitu:

  • Membuka aplikasi Google Drive yang ada di HP, jika tidak punya maka download lebih dulu aplikasinya.
  • Login ke akun Google Drive pengguna.
  • Tap ikon New di bagian kanan pojok paling bawah.
  • Pilih ikon menu Upload guna menjalankan penyimpanan ke Google Drive.
  • Segera cari file yang nantinya akan di upload ke Google Drive. Biasanya pengguna bisa memilih file berupa dokumen, foto, video dan lainnya.
  • Pengguna bisa mengganggu proses unggahannya sampai selesai.

2. Cara Menyimpan File GDrive dari File Manager

Salah satu cara menyimpan file di Google Drive android, contohnya via akses file manager. Hal ini juga merupakan langkah mudah pengguna GDrive agar file bisa langsung terupload secara cepat. Adapun langkah yang harus dilakukan saat akan upload dari file manager ke Google Drive sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu file manager pada HP android.
  • Pilihlah file mana yang akan dimasukkan ke GDrive, baik dokumen, foto, video dan lainnya.
  • Jika sudah terpilah dengan tepat maka pastikan file tersebut bisa dishare.
  • Tekan lama dan muncul share, biasanya share ke Facebook, WA, dan lainnya. Pilihlah untuk save to Drive agar nantinya tersimpan di Google Drive.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses unggahan di folder GDrive masuk semua.
  • Jika proses unggahan berhasil maka file di File Manager sudah pindah ke Google Drive dengan mudah.

Memahami Cara Upload File ke GDrive di HP

Biasanya pada proses unggahan ini, pengguna harus memperhatikan koneksi yang lancar. Pasalnya jika koneksi tidak lancar maka akan menghambat upload file ke dalam folder GDrive tersebut. Pengguna juga bisa upload file dengan ukuran yang lebih besar dan bisa langsung tersimpan di GDrive setelah upload.

Cara ini menjadi alternatif bagi pengguna untuk bisa melakukan unggahan file yang dibutuhkan dan masuk ke Google Drive. Dengan kata lain, pengguna juga bisa menyesuaikan untuk memilih file mana yang akan tersimpan di Google Drive. Untuk bisa melihat file yang terunggah, pengguna tinggal membuka melalui aplikasi GDrive di HP android.

Dengan memahami cara menyimpan file di Google Drive android maka pengguna bisa dengan mudah menyimpan filenya. Pastinya penyimpanan file dengan GDrive ini sangat aman dan lebih bisa menyimpan dokumen penting. Tidak hanya diakses di HP android saja tapi juga diakses via laptop atau PC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *