Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Apa Itu Cloud Computing

Continuous Delivery

Cloud computing adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan jaringan komunikasi skala besar melalui komputer. Komputasi awan sendiri terdiri dari dua kata yaitu cloud yang didefinisikan sebagai jaringan global internet dan computing sebagai perangkat keras berupa komputer.

Komputasi awan adalah proses olah data komputasi menggunakan jaringan internet agar proses olah data dapat berlangsung pada waktu yang sama dan transparan. Komputasi awan menempatkan internet sebagai server jaringan bersama untuk mengelola data dan aplikasi para penggunanya.

Dengan menjadikan internet sebagai server jaringan bersama, Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi aplikasi terlebih dahulu. Cukup dengan memanggil data yang terdapat pada server, maka Anda telah bisa mengakses dan mendapatkan informasi yang Anda perlukan. Data komputasi yang diolah bisa berupa CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS, atau Storage.


Pengertian Cloud Computing menurut Para Ahli

Setelah Anda mengetahui definisi dari komputasi awan, beberapa ahli juga berupaya untuk mendefinisikan komputasi awan sehingga komputasi awan dapat dipahami secara menyeluruh dan mudah bagi semua orang. Berikut ini definisi komputasi awan dari beberapa ahli.

Bradshaw dan Kawan-Kawan tahun 2010

Pengertian pertama muncul dari Bradshaw dan kawan-kawan dalam jurnal Komputasi Awan tahun 2010. Bradshaw menjelaskan bahwa komputasi awan adalah model pengembangan, penyebaran, dan penyampaian informasi yang memberikan kemungkinan adanya pengiriman produk, layanan, dan solusi secara langsung melalui internet.

Menurut Bradshaw, Cloud atau awan adalah metafora yang digunakan untuk menjelaskan internet. Karena Bradshaw melihat kesamaan karakter antara internet dan awan sebagai diagram jaringan yang tersebar di berbagai wilayah dan saling terhubung. Teknologi awan memungkinkan para pengguna mengakses data di mana saja dan kapan saja.

Laudon dan Loudon tahun 2015

Pengertian kedua keluar dari Laudon dan Loudon pada tahun 2015 yang menjelaskan jika komputasi awan adalah sebuah model komputasi yang terdiri dari aktivitas pemrosesan, penyimpanan, perangkat lunak dan layanan lainnya disediakan dalam bentuk virtual terpadu dalam suatu jaringan internet global.

List Info Cloud Computing
Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *