Belum Tahu Cara Bermain Capsa Susun? Inilah Panduan Singkatnya!

cara bermain capsa susun

Siapa yang tidak tahu tentang game capsa susun? Game tersebut merupakan game terpopuler setelah game poker. Capsa susun amat digemari serta amat diminati oleh semua para pecinta PKV games online yang eksis dalam seluruh dunia. Namun terkadang, ada yang tidak tahu cara bermain capsa susun dan menjadi malas untuk mempelajarinya.

Pada dasarnya, capsa susun merupakan game kartu yang dilakukan menggunakan setumpuk kartu remi yang totalnya berjumlah 52 kartu. Tak sebagaimana game kartu yang lain, game capsa susun hanya dapat dilakukan oleh empat pemain saja.

Biasanya terdapat taruhan antara pemainnya. Untuk dapat menang, tentunya setiap pemain perlu untuk mengetahui susunan kartu dan cara mainnya. Berikut penjelasannya:

Susunan Kartu

Sebelum belajar mengenai cara bermain capsa susun, pemain perlu mengetahui terlebih dahulu kombinasi kartu dalam capsa susun. Pertama ada royal flush, yaitu susunan 5 kartu yang mempunyai urutan paling tinggi, mulai dari 10, J, Q, K, sampai AS. Urutan tertinggi nomor dua adalah straight flush, yaitu kombinasi kartu yang berurut serta mempunyai gambar yang serupa.

Selanjutnya ada four of a kind, yaitu susunan kartu yang mempunyai nomor sama serta dilengkapi oleh 1 kartu sembarang. Pada urutan berikutnya ada full house, yaitu susunan 3 kartu bernilai sama serta 2 kartu bernilai sama juga. Lalu ada flush yang merupakan susunan 5 kartu berjenis sama.

Berikutnya ada three of kind, yaitu susunan 3 kartu yang serupa serta 2 kartu yang berbeda. Kemudian terdapat two pair, yakni susunan 2 kartu yang serupa serta 3 kartu yang berbeda. Lalu di urutan terakhir ada high card yang dihitung berdasarkan angka AS paling tinggi serta yang paling rendah adalah 2.

Cara Bermain Capsa Susun

Jika telah paham bagaimana saja susunan kartu di capsa susun, pemain bisa langsung mempelajari cara main capsa sausun. Berikut inilah paparan singkatnya yang semoga dapat membantu dalam memahami cara main permainan ini:

1. Bagikan 13 Kartu ke Tiap-Tiap Pemain

Pada awal permainan, kartu remi akan dikocok atau diacak. Lalu 52 kartu remi tersebut akan dibagikan ke tiap-tiap pemain yang totalnya ada 4 orang. Jadi, masing-masing pemain akan mendapatkan maksimal 13 kartu untuk dimainkan.

2. Susun Kombinasi Kartu yang Sudah Diperoleh

Setelah dibagikan, setiap pemain diberikan waktu maksimal semenit untuk menyusun semua susunan kartu capsa susunannya menggunakan 13 kartu yang diperolehnya. Apabila lewat satu menit, maka kombinasi kartu paling akhirlah yang dihitung.

Keadaan tersebut sangat berbahaya karena dapat membuat pemain jadi salah menyusun dan rugi banyak. Jadi, susun kartu secara hati-hati serta jangan gegabah agar tidak salah susun.

3. Bandingkan Susunan Kartu Milik Setiap Pemain

Setelah waktu penyusunan kartu sudah habis, maka akan dilakukan perbandingan jumlah susunan seluruh kartu. Perbandingan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pengurutan poin sesuai dengan urutan susunan kartu yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Tentukan Pemenang Berdasarkan Total Poin

Setelah dilakukan perbandingan dan pengurutan poin, maka akan ditentukanlah siapa pemenang dalam permainan tersebut. Barangsiapa yang mendapat poin plus paling banyak, maka itulah pemenangnya. Lalu yang mendapat poin minus paling banyak adalah pemain yang kalah.

Itulah tadi penjelasan singkat untuk dapat memahami cara bermain capsa susun. Sebenarnya capsa susun bukanlah game yang rumit asalkan pemain mau terus mengasah keterampilannya. Jika pemain rajin berlatih, maka pemain itu akan memiliki banyak pengalaman.

Hanya soal waktu untuk pada akhirnya pemain tersebut dapat menemukan trik-trik hebatnya dan bisa terus memenangkan setiap permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *