Contoh Big Data

Contoh Big Data

Penggunaan Internet

Jika Anda menggunakan internet, mau tidak mau data Anda sudah tidak menjadi privasi lagi karena pihak penyedia layanan akan menyimpan data tersebut. Misalnya saja Anda menggunakan layanan pencarian Google, maka Google akan tahu hal apa saja yang Anda cari di internet. Google kemudian menyimpan data terebut untuk kemudian menganggapnya sebagai kecenderungan Anda.

Penggunaan Smart Phone

Dewasa ini, smart phone sudah menjadi barang primer sehingga hampir setiap orang telah menggunakannya. Ini tentu saja menjadi lahan Big Data yang luar biasa, mulai dari SMS, panggilan telepon dan seterusnya. Aplikasi-aplikasi yang terpasang di smart phone tersebut juga mengumpulkan data secara otomatis, yang mana sangat perlu untuk kepentingan bisnis mereka.

Contoh Big Data

Social Media

Media sosial juga menjadi sumber Big Data yang sangat masif, mengingat banyaknya platform media sosial dan penggunanya yang mencapai ratusan juta orang. Bisa Anda bayangkan sendiri berapa banyak data yang berseliweran di sana, mulai dari Tweets, Video, Status dan lain sebagainya. Ini merupakan peluang bisnis yang menggiurkan bagi pihak-pihak terkait.

Misalnya saja Facebook, yang mana akan merekam jejak penggunanya, mulai dari status yang di-upload, video/ foto yang di-like/ share dan masih banyak lagi. Machine learning dan Artificial Intelligent kemudian mengolah data-data tersebut untuk kemudian memanfaatkannya sebagai bahan untuk menampilkan iklan yang sesuai minat pengguna tersebut.

Smart Device

Sekarang ini banyak device atau peralatan yang terhubung dengan internet, mulai dari TV, kulkas hingga mobil. Peralatan tersebut akan memberitahukan data-data Anda kepada produsen yang memproduksinya. Nantinya data itu akan digunakan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *