Manfaat Big Data
Teknologi

Manfaat Big Data

Customer Relationship Management

Big Data sangat bermanfaat untuk bisnis, khususnya dalam Customer Relationship Management (CMR), yaitu usaha untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Ada beberapa tools Big Data yang bisa digunakan untuk CMR, di antaranya adalah Zoho dan Bitrix24 yang mana bisa membantu untuk mendapatkan data lebih efektif dan efisien.

Layanan yang bersifat online ini dapat membantu Anda melacak hal-hal yang berhubungan dengan customer atau pelanggan semisal conversion rates, leads hingga penjualan. Anda juga bisa mengetahui hal-hal spesifik mengenai pelanggan, semisal keluhan, sejarah pembelian dan seterusnya. Intinya, melalui tools ini, Anda bisa lebih mudah memenuhi keinginan customer setia.

Manfaat Big Data

Menjadikan Operasional Bisnis Lebih Efisien

Big Data telah menyasar elemen-elemen bisnis, yang intinya bisa meningkatkan operasional perusahaan menjadi jauh lebih baik nan menguntungkan. Hal ini bisa dilihat pada implementasi CRM di Call Center, yang mana dapat langsung mengetahui kecenderungan customer untuk kemudian disarankan membeli penawaran yang sesuai dengan keinginannya.

Hal ini juga bisa diaplikasikan di bidang kesehatan, yang mana kesembuhan pasien bisa ditingkatkan dengan cara menghadirkan seorang dokter yang tepat sesuai dengan keluhan pasien tersebut. Pun begitu dengan perusahaan asuransi, yang sudah sejak lama memanfaatkan Big Data untuk menggaet pelanggan yang potensial.

Meningkatkan Mobile Experience

Adanya smart phone memungkinkan distribusi informasi yang cepat dan real time. Hal ini tentu saja berefek pada bisnis, misalnya saja bisnis ekspedisi. Melalui smart phone yang telah terhubung dengan internet, maka segala informasi bisa didapatkan dengan cepat. Contohnya saja jika terjadi kecelakaan atau macet mengular pada jalur tertentu, maka truk ekspedisi bisa mengambil jalur lain.

Mendorong Inovasi dan Strategi Marketing yang Efektif

Banyak yang bisa Anda lakukan jika memiliki data yang masif, datang dengan cepat, varitif, valid dan memiliki nilai yang menguntungkan. Mudahnya, Anda memiliki senjata utama agar bisnis atau perusahaan meningkat penjualannya. Melalui data-data yang ada, Anda bisa menggunakannya untuk menggencarkan promosi, menggaet pelanggan baru dan masih banyak lagi.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.