Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik.

Kelebihan ERP

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource Planning dibandingkan dengan sistem manajemen biasa.

Integrasi dan Akurasi Data pada Bisnis yang Lebih Baik

Kelebihan pertama adalah integrasi data dan akurasi data bisnis yang lebih baik. Ketika Anda memasukkan salah satu data seperti data penerimaan material, maka sistem ini akan memasukkan komponen ‘pembayaran’ dan ‘persediaan’ secara otomatis berdasarkan data penerimaan material.

Integrasi dan Akurasi Data pada Bisnis yang Lebih Baik

Sistem Anda akan mencatat secara real time dan cepat sesuai dengan informasi data yang Anda masukkan. Selain itu, data yang Anda masukkan cukup sekali yaitu pada saat transaksi terjadi sehingga Anda tidak perlu memasukkan data secara manual satu per satu ke dalam modul sistem ini.

Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi Bisnis

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh sistem ini adalah perencanaan dan manajemen sistem informasi bisnis yang dapat membantu Anda mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan bisnis. Sistem ini memiliki berbagai alat pendukung pengambilan keputusan dan alat simulasi yang dapat digunakan.

Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi Bisnis

Dengan alat pendukung pengambilan keputusan dan alat simulasi yang ada pada sistem ini, Anda akan lebih tepat dalam memanfaatkan setiap sumber daya dalam bisnis Anda seperti sumber daya manusia, mesin atau peralatan kerja sehingga laporan yang dikeluarkan sesuai standar dan bisa diakses kapan saja.

Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Kelebihan ketiga adalah peningkatan efisiensi dalam aktivitas harian bisnis Anda seperti pemesanan, pengiriman, pemasok, manajemen kualitas, kas, dan realisasi penjualan.

Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Keberadaan sistem ini akan mempersingkat siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran ke pemasok.

Pembentukan SOP

Kelebihan keempat adalah pembentukan Standar Operating Procedure yang telah disesuaikan dengan praktik internasional terbaik. Dengan pembentukan SOP terbaik, manajemen bisnis Anda menjadi lebih efektif dalam menjalankan aktivitasnya.

Pembentukan SOP

Salah satu contohnya adalah software akuntansi online yang mampu mengatur keuangan Anda.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Perkembangan ERP

Pada mulanya proses perencanaan sumber daya usaha berawal pada tahun 1960an dengan konsep perencanaan dan manajemen hanya berlaku pada sektor inventaris dan kontrol di...
Dira Deistya
45 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *