790cda63fe0386bda100a0d923c7c093
Teknologi

Inilah Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Bisa Dicoba

Memori internal yang penuh membuat hp menjadi lemot dan susah untuk digunakan seperti semula. Sebenarnya, jika memori internal lemot ada cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Cara ini umumnya bukan hanya digunakan saat memori internal overload saja. Simak cara mengatasi memori internal penuh dalam 5 langkah berikut dan praktikkan secara rutin berikut ini:

1. Periksa Penggunaan Memori

Langkah pertama dari cara mengatasi memori internal penuh yakni dengan memeriksa penggunaan memori hp. Pembaca perlu mengetahui data atau aplikasi apa saja yang menyebabkan memori internal penuh. Langkah ini dilakukan untuk menentukan apa yang harus dilakukan berikutnya. Dengan demikian pembaca mengetahui data apa yang harus dipindah atau dihapus.

Periksa pada bagian Memory Usage di menu Pengaturan. Biasanya, data penggunaan memori akan ditampilkan dalam bentuk persentase serta jenis data. Pilih memori internal sebagai sumber penyimpanan yang akan diperiksa. Barulah periksa dan ketahui data apa saja yang memenuhi memori internal dari ponsel.

2. Hapus Cache

Usai mengetahui data di atas, pembaca perlu membersihkan sampah cache terlebih dahulu. Cache memang tidak tampak dan tertulis, namun keberadaannya yang menumpuk membuat hp menjadi lemot dan memori internal penuh. Umumnya, cache terbanyak ada di aplikasi dengan penggunaan data terbesar.

Buka menu pengaturan dan masuk ke bagian aplikasi. Daftar aplikasi yang ditampilkan akan diurutkan berdasarkan besarnya penggunaan data. Mulailah dengan menekan aplikasi dengan penggunaan data terbesar. Kemudian lanjutkan dengan menghapus cache aplikasi tersebut. Lakukan langkah yang sama seperti ini pada aplikasi lain untuk menghapus cache.

3. Bersihkan Aplikasi

Semakin besar pemakaian data bukan hanya semakin banyak cache, namun juga semakin banyak data yang disimpan. Sebaiknya pembaca memilah data-data yang penting saja untuk dipertahankan di aplikasi. Namun, jika semua data pada aplikasi penting, maka pembaca bisa mencoba untuk memindahkan penyimpanan aplikasi ke memori eksternal.

Wajarnya, jarang ada ponsel yang memberikan akses penggunanya untuk menyimpan aplikasi di penyimpanan eksternal. Oleh karena itu, sebaiknya atasi dengan melakukan hapus data aplikasi. Masuk ke menu yang sama seperti saat akan menghapus cache. Tekan tombol di sebelah Hapus Cache bertuliskan Hapus Data untuk menghapus data-data aplikasi.

4. Pindahkan Data

Selanjutnya, cara mengatasi memori internal penuh adalah dengan memindahkan data. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal memang tidak lazim. Kebanyakan ponsel tidak dapat melakukan ini. Namun, berbeda dengan data serta file dokumen di penyimpanan internal.

Jenis file foto, dokumen, dan lainnya selain aplikasi dapat dipindahkan ke penyimpanan eksternal. Jika pembaca kehabisan memori internal karena banyaknya foto yang disimpan, gunakan memori eksternal dengan kapasitas ekstra. Umumnya file foto dan video memang berukuran cukup besar. Pindahkan data berupa foto dan video ini ke penyimpanan eksternal.

5. Gunakan Bantuan dari Aplikasi Tambahan

Hanya lakukan langkah ini apabila ponsel pembaca masih memiliki ruang untuk menginstal aplikasi. Meskipun aplikasi cleaner umumnya tidak memiliki ukuran yang besar, namun pastikan ruang penyimpanan cukup agar lebih aman. Aplikasi cleaner dapat membantu pembaca untuk mengelola sampah atau data-data yang tidak diperlukan namun tersimpan di ponsel.

Setiap kali pembaca melakukan browsing atau membuka aplikasi ada banyak cache yang ikut serta menumpuk di ponsel. Aplikasi cleaner mampu mendeteksi adanya sampah ini dan turut membersihkan ruang kerja RAM. Selain itu, aplikasi cleaner biasanya juga akan memberikan saran data yang harus dihapus untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan.

Demikian 5 cara mengatasi memori internal penuh paling mudah bisa dilakukan. Usahakan untuk melakukan beberapa cara di atas secara rutin agar penyimpanan internal tetap cukup dan ponsel dapat digunakan dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *