d2bb0c7b937406d4ca8eb06b2c6cf922
Teknologi

Inilah Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G pada Semua Merek Smartphone

Keberadaan internet dapat memudahkan kehidupan manusia dalam berbagai kepentingan, sehingga tidak bisa dipungkiri internet telah menjadi kebutuhan sekunder manusia. Dalam hal ini tentu kualitas dan kecepatan internet menjadi sesuatu yang penting pula. Kualitas koneksi internet yang kuat dan bagus tentu saja akan semakin nyaman untuk digunakan.

Namun beberapa Smartphone masih menggunakan jaringan 3G sehingga performanya tidak maksimal. Namun tidak perlu khawatir, cara merubah jaringan 3G ke 4G berikut ini dapat digunakan di semua Smartphone:

1. Melalui Setting

Cara merubah jaringan 3G ke 4G dengan melalui setting adalah cara pertama dan yang paling mudah untuk digunakan. Smartphone yang masih terhubung ke internet dengan jaringan 3G bisa jadi karena memang pada pengaturan smartphone belum diganti ke jaringan 4G. Pengaturan ini biasanya terletak pada bagian ‘Pengaturan Lainnya’ lalu pilih ‘Mobile Network’. Setelahnya akan disajikan opsi 2G/3G/4G. Kemudian yang harus dilakukan adalah mengubah opsi pengaturan yang tadinya 2G/3G menjadi 4G.

2. Melalui Dial ##4321##

Yang kedua adalah cara yang cukup mudah yaitu cukup dengan membuka menu ‘Telepon’ pada ponsel. Setelahnya hanya perlu mengetikkan angka dan simbol ##4321## dan melakukan dial. Cara ini normalnya akan langsung mengubah jaringan ponsel menjadi 4G. Jika belum berhasil, coba mulai ulang ponsel dan periksa jaringan apakah sudah berubah atau belum. Apabila belum, coba untuk melakukan cara yang lain karena terkadang tidak semua ponsel berhasil dengan satu cara yang sama.

3. Melalui Dial *#0011#

Jika cara pertama dan kedua belum berhasil, cara yang selanjutnya masih dengan cara Dial seperti sebelumnya. Hanya saja ada beberapa langkah lanjutan yang akan diminta dengan cara ini. Cara yang ini cukup melakukan dial ke nomor *#0011#. Sesaat setelah melakukan dial ke nomor ini, tampilan ponsel akan berubah ke mode WCDMA. Setelahnya hanya perlu diubah ke mode ‘LTE only’ dan klik ‘d’ di pojok kanan atas. Selanjutnya akan terbuka perintah untuk memasukkan kata kunci yang bisa dicari dengan mudah di peramban.

4. Melalui Dial *#*#4636#*#*

Jika cara-cara diatas masih belum berhasil, jangan khawatir karena masih ada cara yang keempat untuk menjadi solusi permasalahan tersebut. Masih dengan cara dial-up, lakukan dial ke nomor *#*#4636#*#*. Fungsi melakukan dial ini tentu saja mengubah jaringan 3G menjadi 4G. Setelah melakukan dial pada nomor ini akan muncul pengaturan lanjutan yang harus diselesaikan. Setelah langkah-langkah pengaturan diselesaikan, smartphone akan otomatis terkunci pada jaringan 4G LTE.

5. Melalui Pengaturan Khusus Masing-Masing Ponsel

Yang terakhir adalah melakukan pengaturan khusus yang dimiliki oleh masing-masing ponsel. Jika keempat cara diatas tidak bisa berhasil mengubah jaringan 3G menjadi 4G, kemungkinan ponsel yang digunakan membutuhkan pengaturan khusus yang hanya dimiliki oleh masing-masing merek smartphone. Cara tersebut bisa didapatkan dari bantuan di situs web resmi smartphone yang digunakan ataupun mencarinya secara langsung di mesin pencari.

Dengan mengubah jaringan dari 3G ke 4G, pengguna bisa mendapatkan performa jaringan internet yang lebih maksimal. Jaringan internet yang bagus akan mendukung fungsi-fungsi lainnya untuk bekerja lebih baik pula. Namun selain 5 cara merubah jaringan 3G ke 4G diatas, harus juga diperhatikan beberapa hal.

Yang pertama adalah pastikan ponsel memang sudah mendukung untuk menggunakan jaringan 4G. Selain itu pastikan juga kartu provider yang digunakan sudah diupgrade menjadi kartu dengan jaringan 4G. Jika tidak, maka 5 cara merubah jaringan 3G ke 4G diatas tidak akan dapat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.