fb4a1f39538a9af26188636068988df8
Teknologi

Cara Menggunakan Barcode Scanner Tanpa Perlu Mendownload Aplikasi

Saat ini memiliki barcode scanner di ponsel menjadi suatu hal yang patut dipertimbangkan. Hal ini karena kode, link, dan sebagainya sudah banyak ditemukan dalam bentuk barcode dengan alasan lebih ringkas.

Masalahnya, dengan diubahnya kode berupa deretan karakter yang panjang menjadi satu kotak barcode, tidak semua orang bisa langsung membaca dan mencari kode apakah itu. Namun untuk memiliki aplikasi barcode scanner di ponsel juga dikhawatirkan akan menghabiskan memori ponsel. Maka dari itu, inilah cara menggunakan barcode scanner tanpa perlu mendownload aplikasi:

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan

Yang pertama adalah cara menggunakan barcode scanner yang paling mudah yaitu dengan aplikasi bawaan ponsel. Ponsel pintar keluaran terbaru atau dari merek tertentu biasanya sudah dilengkapi dengan Barcode Scanner. Pengguna bisa menggunakannya lewat aplikasi kamera yang ada di ponsel. Di aplikasi kamera akan ada opsi barcode scanner yang bisa dipilih oleh pengguna. Barcode yang akan di scan harus didekatkan ke kamera dan disesuaikan dengan garis pinggir yang diberikan oleh aplikasi kamera.

2. Menggunakan Google Lens

Yang selanjutnya adalah menggunakan salah satu fitur Google Apps yaitu Google lens. Sama dengan aplikasi Google lainnya, Google Lens bisa digunakan cukup dari jendela peramban, tanpa harus menginstall aplikasi. Setelah terbuka tampilan laman utama Google Lens, pilih opsi pencarian. Akan ada opsi pencarian dengan menuliskan kata-kata biasa juga dengan barcode. Pilih opsi barcode dan scan barcode yang akan dibaca.

3. Melalui Situs Web WebQR

Yang ketiga adalah melalui situs web WebQR. Situs ini adalah situs khusus penyedia layanan pembaca Barcode dan QR Code. Untuk menggunakan situs web ini, cukup ketikkan ‘WebQR’ pada kolom mesin pencarian. Situs web yang resmi biasanya akan muncul paling atas. Setelah alamat web yang muncul di klik, situs web sudah bisa dipakai dengan memberikan izin penggunaan kamera untuk membaca barcode yang diinginkan. Situs ini tidak menarik biaya apapun untuk layanannya.

4. Melalui Situs Web QRStuff

Berikutnya adalah melalui situs web QRStuff. Situs web ini tidak berbeda jauh dengan situs web sebelumnya. Situs web ini berguna untuk membaca barcode yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengaktifkan izin penggunaan kamera ponsel terlebih dahulu. Setelahnya, dekatkan barcode yang ingin dibaca ke kamera sesuai dengan batasan yang diberikan oleh Barcode reader. Selain itu di situs web ini juga terdapat layanan Barcode Generator untuk mengubah kode atau link menjadi barcode.

5. Melalui Web Onlinebarcodereader.com

Terakhir, ada situs web Onlinebarcodereader.com. Website ini juga merupakan penyedia jasa layanan pembaca barcode yang dapat dinikmati secara gratis. Pengguna cukup menggunakan kata kunci ‘Barcode Reader’ maka akan muncul berbagai situs web, salah satunya adalah onlinebarcodereader.com.

Pengguna cukup memberikan izin penggunaan kamera pada situs web ini. Setelahnya laman akan memunculkan tampilan kamera. Pengguna bisa langsung mendekatkan barcode yang ingin dibaca dan laman akan secara otomatis menampilkan hasil dari pembacaan barcode tersebut.

Tidak sulit bukan untuk menggunakan Barcode Scanner diatas. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu sehingga tidak perlu khawatir memori penuh. Penggunaan Barcode sekarang sudah banyak ditemukan. Tidak hanya pada produk-produk yang akan dijual, tapi juga untuk beberapa kepentingan lain seperti membagikan link grup, link video dan lain sebagainya.

Dengan barcode scanner, barcode yang berisikan bermacam-macam kode jadi bisa terbaca. 5 cara menggunakan barcode scanner tanpa aplikasi diatas bisa membantu membaca barcode yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *