Kelebihan SAP

Di postingan sebelumnya, telah dijelaskan bahwa mayoritas perusahaan global telah menggunakan sisem SAP ERP untuk mendukung kinerja dan produktivitas yang lebih terintegrasi, bersinergi, efektif dan efisien. Sedikit banyak, kelebihan alias keunggulan yang ditawarkan oleh software SAP adalah sebagai berikut :

Kelebihan SAP
Kelebihan SAP

Modul yang Memudahkan

Salah satu keunggulan utama dari software SAP adalah adanya modul-modul yang bisa mempermudah tracking, monitoring dan manajemen seluruh bagian di dalam organisasi atau perusahaan. Modul-modul yang berada di software SAP ini memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang sudah terintegrasi satu sama lain. Intinya kewajiban manajerial bisa menjadi sangat mudah dan otomatis.

Konsisten

Keunggulan sistem SAP berikutnya adalah konsistensi, artinya sistem ini selalu mengedepankan praktik yang konsisten dan tidak berubah-ubah tidak peduli satu divisi maupun beda divisi. Jadi implementasi sistem ini akan seragam menjangkau seluruh divisi-divisi dalam sebuah perusahaan demi kebaikan kolektif yaitu kemajuan perusahaan.

Data Satu Pintu

Semua data yang dimiliki perusahaan sifatnya adalah rahasia, yang pasti tidak boleh diketahui oleh pihak luar, lebih-lebih perusahaan kompetitor. Beruntungnya, sistem SAP ini tidak akan menggandakan dan menduplikasi data yang terhimpun. Dengan begini, rahasia yang hanya boleh diketahui oleh lingkup perusahaan akan terjaga.

Otomatis dan Fleksibel

Alasan banyak orang yang mengimplementasikan sistem ini adalah sifatnya yang otomatis dan fleksibel. Maksudnya adalah seluruh kegiatan monitoring terhadap proyek yang dilakukan oleh perusahaan terkait bisa dilakukan dengan otomatis. Selain itu, jika di masa depan ada masalah atau kejadian tertentu yang dialami oleh perusahaan maka bisa ditindaklanjuti dengan fleksibel.

Menerapkan Standarisasi

Sistem SAP juga unggul karena bisa menerapkan standarisasi akan segala hal dalam sebuah perusahaan. Dengan begini, segala aktivitas terkait apa saja akan berjalan dan dilaksanakan sesuai standar yang telah diberlakukan. Penerapan standarisasi ini juga sangat mempengaruhi maju tidaknya perusahaan tersebut sekaligus tingkat bersaingnya dengan perusahaan kompetitor.

Menyediakan Otorisasi

Kelebihan dari sistem SAP berikutnya adalah tersedianya otorisasi dari pihak perusahaan yang telah menerapkannya. Penerapan SAP ini juga bermanfaat untuk menyediakan peran dalam pekerjaan yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi terstruktur dan terorganisir. Dengan begini, karyawan akan dimudahkan dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

Terintegrasi dengan e-Commerce

Software SAP juga sudah terintegrasi dengan e-Commerce alias market virtual, yang mana sangat lazim di era digital ini. Perusahaan memang dituntut untuk beradaptasi dan mengikuti segala teknologi yang berkembang jika ingin terus eksis dan tidak gulung tikar. E-Commerce memang bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan domestik maupun mancanegara.

Kelebihan SAP

Penghematan Biaya

Sistem SAP bisa menghilangkan sama sekali cara-cara manual dan kuno dan menggantinya dengan automasi di seluruh aspek perusahaan. Imbasnya, sistem SAP bisa menghemat biaya dengan signifikan karena perusahaan sudah tidak alat tulis dan penyimpanan file. Selain hemat, sistem SAP ini juga antiribet dan segala hal bisa dipantau dengan mudah dan leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *