Wajib Tahu Fakta Menarik dari 7 Tokoh Genshin Impact Seiyuu
Teknologi, Tutorial

Berikut Cara Memperbaiki Headset Rusak yang Layak Dicoba

Headset mempunyai banyak kegunaan untuk mempermudah berbagai aktivitas, misalnya mendengarkan musik, bermain game, menonton film, berkomunikasi menggunakan Smartphone, dan lain sebagainya.

Sayangnya, benda berbentuk kecil ini rentan mengalami kerusakan, jika tidak dirawat dengan baik dan sedikit orang yang paham mengenai cara memperbaiki headset rusak dengan benar.

Terjadinya kerusakan ini tentu sangat mengesalkan. Tidak usah cemas karena headset rusak dapat diatasi. Kerusakan headset bermacam-macam diantaranya mati sebelah, mati total, suara tidak dapat diterima, suara pengguna juga tidak dapat terdengar, dan lain sebagainya.

Berikut panduan lengkap yang diinformasikan lengkap mengenai cara Memperbaiki Headset Rusak agar dapat digunakan lagi :

1. Sambung Kabel Bagian Dalam Headset Apabila Terputus

Headset mati sebelah kerap dialami pemiliknya. Hal ini umumnya terjadi karena adanya kabel yang terputus di dalam. Pengguna dapat mencobanya dengan mendengarkan music, kemudian kabel ditekuk hingga suara di bagian yang mati keluar dengan sendirinya.

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah pengguna harus memastikan letak masalah kerusakan headset seperti kabel headset terkelupas. Kemudian, guntinglah permukaan luar headset dengan panjang sekitar 5 cm. jangan sampai kabel yang digunting terputus.

Lalu, akan nampak 3-4 jaringan kabelnya yang bervariasi warnanya dan berukuran kecil. Pengguna dapat menyambungkan kabel dengan warna yang cocok menggunakan selotip. Maka, dengan cara tersebut headset dapat menyala lagi.

2. Pastikan Headset Tidak Kemasukan Air

Headset tiba-tiba bass-nya mati? Tentu hal ini sangat mengesalkan. Apalagi hentakan bass yang membuat bunyi musik jauh lebih enak didengar. Penyebabnya biasanya karena adanya air yang masuk ke headset.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka dapat dicegah dengan memeriksa kantong baju atau celana agar headset tidak tersimpan didalamnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan headset ikut tercuci.

3. Sambung Kabel yang Putus dengan Solder

Banyak pengguna yang mengalami kerusakan headset tidak berfungsi sebelah. Hal tersebut umumnya disebabkan adanya kerusakan pada speaker. Tidak usah bingung, karena kerusakan tersebut dapat diatasi. Temukan letak kabel yang rusak pada headset yang terjadi di speaker biasanya.

Pertama, siapkan solder dan timah, lalu lepaskan kepala speaker, caranya plastik penutupnya dibongkar. Jangan sampai rusak agar nantinya dapat ditutup kembali. Pastikan bahwa ujung kabelnya terputus di bagian speaker.

Apabila terdapat masalah tersebut, pengguna harus menyolder kabel yang terputus menggunakan timah supaya dapat disambung lagi. Tunggulah hingga timah kering dan harus dipastikan lagi bahwa kabel sudah tersambung. Terakhir headset ditutup lagi, dan untuk mencobanya audio dapat diputar.

4. Tempelkan Selotip pada Kabel Tertekuk

Cara memperbaiki headset rusak karena bunyinya pelan dapat diatasi dengan gampang. Suara atau bunyi di headset berbunyi pelan membuat banyak penggunanya tidak puas dan kurang menikmatinya. Hal tersebut dapat terjadi karena kabelnya tertekuk.

Untuk mengatasinya, berikan selotip pada kabel yang tertekuk atau memakai bantuan aplikasi tambahan seperti speaker booster, VLC For Android, dan lain-lain.

5. Ubah Stereo Jadi Mono Aktif

Bagi pengguna Windows 10 yang mengalami kerusakan karena mati sebelah di PC dapat memperbaikinya dengan mudah. Apalagi masalahnya bisa terjadi di konten yang didengarkan. Pertama, buka pengaturan dari Start Menu, lalu terdapat opsi Ease of Access di pojok kanan.

Selanjutnya, tekan menu Audio. Geser ke sebelah kanan toggle-nya pada bagian mono Audio. Langkah tersebut dilakukan agar suara stereo berubah menjadi mono aktif.

Itulah cara memperbaiki headset rusak yang dapat diterapkan dengan gampang oleh pengguna. Jangan terburu membeli headset baru karena bisa jadi headset dapat diperbaiki. Sebaiknya ketahui dulu sumber masalah headset yang mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *