Big Data

Karakteristik Big Data

Pernahkah Anda mendengar istilah Big Data? Ya, seiring dengan berkembangnya teknologi internet, maka banyak muncul sekumpulan data yang sangat banyak, besar dan cepat yang mana tidak bisa diproses dengan perangkat tradisional.  

Big Data juga bisa dimaknai dengan pengelolaan dan pemrosesan data yang masif untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan demi keputusan yang lebih baik.

Big Data

Sekarang ini, memang eranya Internet of Things (IoT), yaitu banyaknya perangkat yang saling terhubung satu sama lainnya, semisal TV, gadget, kulkas, mobil dan seterusnya.

Hal-hal seperti ini tentu akan menghasilkan data dalam jumlah yang banyak. Data-data ini bisa diproses lebih jauh untuk mendapatkan insight penting dalam berbagai bidang, semisal bisnis dan kesehatan.

Jadi, pentingkah Big Data? Tentu saja penting, namun bukan terletak pada seberapa banyak data yang dimiliki, namun lebih ke apa yang akan dilakukan dengan data tersebut.

Big Data bisa dibilang penting dan bermanfaat jika Anda mendapatkan sesuatu yang menguntungkan dari sekumpulan data tersebut. Agar lebih jelas mengenai Big Data bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Big Data Adalah

Apa itu Big Data? Dalam Bahasa Indonesia sendiri, Big Data diterjemahkan menjadi Mahadata, yaitu istilah umum yang merepresentasikan sekumpulan data yang masif, kompleks dan tidak terorganisir. Karena sifatnya yang semacam ini maka akan sangat sulit ditangani dengan tool basis data biasa maupun software pemroses data yang masih tradisional atau belum canggih.

Big Data Adalah

Selain pengertian umum di atas, Big Data juga bisa dimaknai sebagai pertumbuhan data atau informasi yang eksponensial dengan kecepatan luar biasa. Big Data ini juga memiliki sekumpulan data yang variatif, yang merupakan tantangan besar untuk mengolahnya. Jadi butuh usaha yang luar biasa agar bisa memahami data yang bersifat heterogen tersebut.

Praktiknya, Big Data ini bisa diaplikasikan di banyak bidang dalam kehidupan manusia, semisal pariwisata, bisnis, kesehatan, pemerintahan dan masih banyak lagi. Karena tool tradisional tidak bisa mengatasinya, maka Big Data membutuhkan tool khusus untuk memprosesnya, misalnya saja NiFi, Phyton, Netlytics dan lain sebagainya.

Jadi, sampai disini sudah bisa disimpulkan bahwa memproses dan menganalisa Big Data adalah penting adanya. Dengan memahami urgensi Big Data ini, perusahaan maupun organisasi pemerintahan bisa mengolah dan memproses sekumpulan data masif tersebut sebagai problem solving atas segala masalah yang terjadi, internal maupun eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *