Karakteristik Big Data
Teknologi

Karakteristik Big Data

Volume

Karakteristik Big Data yang pertama adalah volume, artinya Big Data memiliki volume data yang sangat besar. Saking besarnya, pengolahan datanya membutuhkan tool analisis yang lebih modern dan spesifik begitu juga dengan wadah penyimpanannya.

Variety

Selanjutnya Variety, yang artinya semua data yang berasal dari Internet of Things (IoT) sifatnya variatif dan berbeda satu dengan yang lainnya. Data-data tersebut bisa data mentah, tidak terstruktur maupun terstruktur. Variasi data yang dimiliki oleh Big Data ini tergantung pada banyaknya sumber data, semakin banyak sumber semakin variatif juga data-datanya.

Karakteristik Big Data

Velocity

Maksudnya dengan Velocity adalah data dalam Big Data dihasilkan dengan cepat dan secara real-time. Jadi begitu data diterima dengan kecepatan luar biasa, data tersebut bisa saja langsung digunakan. Hal ini bisa Anda lihat pada smart device yang terhubung dengan internet, yang mana beroperasi dalam waktu nyata yang juga membutuhkan evaluasi dan tindakan secara real time juga.

Value

Karakteristik Big Data selanjutnya adalah Value, yaitu ada tidak sih nilai data yang telah diproses atau dianalisa? Nah, nilai data tidak akan pernah diketahui kecuali jika telah ada keputusan atau tindakan yang dilakukan setelah data tersebut diproses.

Veracity

Terakhir ada Veracity, yaitu apakah data yang telah diproses dan dianalisa tersebut bisa dibuktikan validitasnya atau tidak. Data yang valid bisa menumbuhkan kepercayaan yang mana juga berimbas pada kegunaan data tersebut. Jadi sangat penting bagi data untuk valid agar bisa dijadikan bahan pertimbangan mengambil keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *