Big Data Menurut Para Ahli

Big Data Menurut Para Ahli

Doug Laney

Untuk memahami pengertian Big Data yang lebih baik, ada baiknya kita membahas pendapat-pendapat para ahli mengenai hal ini. Misalnya saja Doug Laney, yang pada tahun 2001 lalu berpendapat dan memperluas terkait dengan pengertian Big Data.

Dalam keterangannya, dia mengatakan bahwa definisi Big Data juga melingkupi peningkatan variasi data yang didapatkan oleh perusahaan dan organisasi terkait. Tidak hanya itu, hal tersebut juga termasuk seberapa cepat data tersebut dibuat maupun diberbarui.

Big Data Menurut Para Ahli

Gartner

Gartner, seorang ahli dalam bidang data juga mendefinisikan pengertian Big Data lebih jauh. Pada 2001 lalu, Gartner mengatakan bahwa Big Data adalah sekumpulan data yang bervariasi plus lebih besar. Data ini berasal dari volume meningkat serta kecepatan bertambahnya data yang terus meninggi.

Data besar tersebut terkenal dengan sebutan Three V’s (akan diterangkan di subjudul berikutnya). Dari pendapat dua pakar di atas bisa ditarik kesimpulan, bahwa Big Data adalah data yang lebih besar, cepat, kompleks dan berasal dari sumber data terbaru. Saking produktifnya, tool pemroses data tradisional tidak bisa mengelola Big Data ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *