Cara Bermain Solitaire Di Android, Ternyata Tidak Cuma Di Komputer!

cara bermain solitaire

Selama ini game Solitaire selalu identik dengan permainan bawaan yang tersedia di komputer berbasis windows. Namun sekarang permainan kartu satu ini juga tersedia di smartphone android, loh. Walaupun tidak menjadi game bawaan dan pengguna harus mendownload dulu game ini di smartphone. Cara bermain solitaire di Android tidak berbeda jauh dengan yang di komputer. Para pemain pasti tetap bisa menikmati permainan ini melalui smartphone.

Sekilas Mengenai Permainan Solitaire

Solitaire adalah sebuah permainan kartu di mana pemain diminta untuk mengurutkan 4 kartu remi dari kartu-kartu yang sudah diacak oleh sistem. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya game ini sudah menjadi game bawaan komputer berbasis windows. Solitaire mulai menjadi game bawaan windows sejak tahun 1990.

Awalnya Solitaire tidak bisa masuk pada pasar Android namun secara perlahan semakin banyak developer yang membuat game solitaire dan memasukkannya pada PlayStore. Kira-kira bagaimana cara bermain solitaire di Android dan apakah berbeda dengan yang di komputer. Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Memainkan Solitaire di Smartphone Android

Setelah mengetahui sekilas mengenai permainan solitaire. Walaupun kelihatan sederhana ternyata tidak semua orang bisa menyelesaikan permainan solitaire, loh. berikut ini adalah langkah-langkah bermain solitaire di android:

1. Download dan Install Aplikasi Game Solitaire

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, pada android Solitaire tidak menjadi game bawaan seperti di komputer berbasis windows. Karena itu pengguna harus mendownload dan menginstall lebih dahulu aplikasi permainan ini. Di Play Store sendiri ada banyak aplikasi permainan solitaire yang dikembangkan oleh berbagai developer game.

Pengguna bisa memilih salah satu di antara banyak pilihan tersebut sesuai dengan keinginan pengguna. Tidak perlu khawatir, karena setiap aplikasi pasti memiliki cara bermain yang hampir sama dengan pengaturan dasar yang sama.

2. Memahami Bagian-Bagian di Permainan Solitaire

Saat membuka permainan solitaire pemain akan dihadapkan dengan kartu-kartu yang tersusun acak. Ada 3 bagian dari permainan solitaire yang harus dipahami oleh pemain yaitu dek atas, dek bawah, dan slot penyusunan. Slot penyusunan terdiri dari 4 slot yang biasanya berada di sisi kanan atas dan menjadi tempat untuk mengurutkan kartu-kartu dimulai dari Ace, dua, tiga, empat, dan seterusnya.

Dek bawah adalah tempat pemain mengurutkan kartu sementara agar bisa membuka semua kartu yang tertutup baik di dek bawah maupun di dek atas. Kartu di dek atas bisa diturunkan oleh pemain sesuai dengan urutan agar terbuka kartu yang baru di dek atas.

3. Pahami Peraturan Hitam – Merah

Sebelum pemain bisa mengurutkan kartu di slot urutan sesuai dengan warna dan lambang kartunya. Pemain harus mengurutkan kartu di dek bawah terlebih dahulu agar semua kartu yang tertutup bisa terbuka. Ketika pemain mengurutkan kartu di dek bawah ini lah berlaku peraturan Hitam dan Merah.

Artinya pemain hanya bisa mengurutkan kartu dengan warna yang berbeda dan tidak bisa sama. Jadi misalnya ada King berwarna hitam selanjutnya yang bisa dipasang adalah Queen dengan warna merah, kemudian Jack berwarna hitam dan seterusnya.

4. Prioritaskan Membuka Kartu di Dek Bawah

Kartu di Dek bawah biasanya memang lebih susah dibuka daripada di dek atas jadi lebih baik mengutamakan urutan yang bisa membuka kartu di dek bawah terlebih dahulu. Manfaatkan dek atas sebagai bantuan darurat ketika sudah tidak ada kartu yang bisa dipindahkan lagi pada dek bawah.

5. Jangan Terburu-Buru Mengurutkan Kartu Pada Slot

Biasanya kartu yang sudah dinaikan pada slot tidak bisa diambil lagi untuk membuat urutan di dek bawah. Padahal pemain bisa saja membutuhkannya untuk membuat urutan dan membuka kartu di dek bawah. Karena itu jangan terburu-buru untuk menaikkan kartu pada slot pengurutan.

Itulah cara bermain solitaire di Android sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara bermain di komputer. Perbedaannya hanyalah pengguna harus mendownload permainannya lebih dahulu dan menyeret kartu dengan layar sentuh dan bukan mouse pada komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *