Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Cara Main Game PPSSPP di Android Menggunakan Aplikasi

Cara Main Game PPSSPP di Android Menggunakan Aplikasi

Ingin memainkan game Playstation tapi tidak punya perangkat PlayStation? Hanya mempunyai HP android saja. Tenang, karena ada cara main game PPSSPP di Android, dengan menggunakan emulator PPSSPP.

Para pemilik smartphone Android bisa memainkan game-game PlayStation di smartphone Android. Sebenarnya, apa sih PPSSPP itu dan bagaimana cara menggunakannya. Berikut ini adalah ulasannya.

Sekilas Mengenai PPSSPP

PPSSPP adalah kependekan untuk Playstation Portable Simulator Suitable Portable. PPSSPP akan berperan sebagai emulator yang akan membuat game PlayStation cukup compatible dimainkan di perangkat yang lebih portable.

Perangkat yang dimaksud seperti komputer dan smartphone. Oleh karena itu, PPSSPP didesain agar dapat digunakan di berbagai basis sistem operasi.

Mulai dari windows, OS, Linux, sampai untuk sistem operasi berbasis android. Keistimewaan lain dari PPSSPP ini adalah tetap bisa digunakan sekalipun spesifikasi perangkat laptop atau smartphone sangat rendah. Jadi, siapapun pastinya bisa menggunakan emulator satu ini.

Cara Main Game dengan PPSSPP di Android

Setelah membahas sekilas mengenai PPSSPP, sekarang akan dibahas bagaimana cara main game PPSSPP di android. Ada beberapa langkah yang harus dilewati oleh pemilik Android agar dapat menikmati game PlayStation di smartphone Android.

Jangan khawatir, karena langkah-langkahnya tidak akan sulit malah cenderung sederhana. Berikut ini adalah pembahasannya :

1. Download Aplikasi PPSSPP di Android

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh pengguna Android adalah mendownload aplikasi PPSSPP. Pada basis sistem Android dan IOS, PPSSPP hadir sebagai aplikasi yang mudah di download dan di install pada smartphone.

Apalagi untuk para pemilik Android, aplikasi PPSSPP sudah menjadi aplikasi resmi di Play Store. Pengguna tinggal mencari aplikasi ini di Play Store dan segera mendownloadnya.

2. Mendownload File Game

Perlu diingat bahwa PPSSPP ini berperan sebagai perantara saja agar game bisa dimainkan di perangkat yang portable. Jadi, untuk file game sendiri pengguna harus mendownload file game sendiri dan memasukkannya ke smartphone android. Cara yang paling legal untuk mendapatkan file game ini adalah memindahkan file game dari PSP ke Android.

Sebenarnya ada juga jalur ilegal dan berbagai link game yang sudah tersebar. Pastikan pengguna sudah memikirkan resikonya jika ingin melakukan cara ini. Hal ini karena keamanan identitas pengguna tidak terjamin.

3. Setting Game Sesuai Selera

Salah satu fitur unggulan dari PPSSPP ini adalah pemain bisa mengatur dan meningkatkan performa game melalui fitur Settings. Pada menu Settings ini akan ada berbagai opsi yang bisa diatur sendiri oleh para pengguna. Mulai dari pengaturan grafik, audio, control dan gameplay dan sistem gameplay.

4. Simpan Pengaturan yang Sudah Ditentukan

Pengaturan yang sudah ditentukan itu harus disimpan dulu, ini juga akan memudahkan pengguna menerapkan setting itu lagi di game lain. Klik ‘Tab Games’ yang ada di bagian kiri atas layar.

Kemudian tentukan folder mana yang akan menyimpan template setting tersebut. Akan lebih baik jika template setting disimpan di folder yang sama dengan folder game.

5. Mainkan Game

Jika game sudah disimpan dan template setting juga sudah disimpan. Selanjutnya pengguna tinggal memainkan saja game pada smartphone android. Caranya mudah, pengguna tinggal membuka aplikasi PPSSPP, klik ‘Tab Game’ kemudian pilih game yang ingin dimainkan dari file yang sudah disimpan sebelumnya.

Itulah cara main game PPSSPP di Android dengan mudah. Ternyata memainkan game PlayStation dan PSP di smartphone android tidaklah mustahil. Bahkan sangat mudah, yang diperlukan oleh pengguna hanya mendownload aplikasi PPSSPP di smartphone android masing-masing.

Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published.