Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Contoh Cloud Computing

Dengan meningkatnya pengguna smartphone dan perangkat lainnya, salah satu contoh komputasi awan yaitu Cloud Storage mulai berkembang pesat. Berikut ini beberapa contoh komputasi awan yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

  1. DropBox
    Salah satu contoh komputasi awan yang bisa Anda gunakan adalah Dropbox. Dropbox bisa diakses di mana saja dan kapan saja melalui perangkat apapun. Untuk menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara mendaftar melalui situs DropBox. Anda akan secara langsung tersinkronisasi otomatis dengan perangkat Anda.

    Kuota yang diberikan oleh Dropbox adalah 2 GB. Anda bisa memperbesar kapasitas ini dengan cara membeli layanan yang ditawarkan oleh Dropbox. Dropbox adalah salah satu contoh dari penerapan SaaS.
  2. Google Drive
    Google Drive adalah layanan integrasi yang diberikan oleh Google ketika Anda mendaftar untuk mendapatkan fasilitas Gmail. Anda akan secara otomatis akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. Anda juga bisa melakukan sinkronisasi antara perangkat mobile Anda dengan perangkat web Anda.
  3. Microsoft SkyDrive
    Salah satu contoh layanan komputasi awan adalah Microsoft Skydrive. Microsoft Skydrive mirip seperti Dropbox atau Google Drive, namun keuntungan Microsoft SkyDrive adalah Anda bisa membaca semua berkas Microsoft Office secara online dan dapat melakukan perubahan pada berkas tersebut.

Beberapa contoh komputasi awan tidak hanya SaaS seperti contoh di atas, terdapat beberapa contoh lain dari komputasi awan yang berhubungan dengan PaaS dan IaaS. Apapun contoh komputasi awan yang ingin Anda gunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda ingin penuhi.

Cloud Computing Terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis, keuntungan dan kekurangan, serta pertimbangan dalam memilih komputasi awan. Berikut ini beberapa komputasi awan terbaik dunia yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari atau aktivitas bisnis Anda.

Amazon Web Services (AWS)

Komputasi awan pertama yang bisa Anda gunakan adalah Amazon Web Services (AWS). AWS adalah salah satu platform cloud generasi pertama yang telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Sebagian besar start-up dunia menggunakan layanan AWS dikarenakan layanannya yang berkualitas dan terbaik.

Terdapat 5 layanan yang diberikan oleh AWS yaitu layanan komputasi seperti Amazon EC2, Layanan penyimpanan seperti AWS Storage Gateway atau Amazon CloudFront, Layanan Basis Data seperti Amazon SimpleDB, Layanan Jaringan seperti VPC dan Amazon Route 53, dan layanan aplikasi seperti CloudSearch.

Amazon Web Services juga memberikan layanan berupa bantuan Cloud sebesar 5000 dolar bagi usaha bisnis yang berbasis internet. Sehingga Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mencoba dan memperluas usaha Anda melalui layanan Amazon Web Services.

Google Cloud

Komputasi awan kedua yang bisa Anda gunakan adalah Google Cloud Platform (GCP). GCP menyediakan berbagai layanan seperti di bawah ini.

  • Google Compute Engine, salah satu layanan IaaS yang diberikan oleh Google bagi para pengguna virtual machine
  • Google App Engine, salah satu layanan PaaS yang diberikan google untuk pengembang software serta pengembang software bisa menggunakan Software Developer Kit (SDK) pribadi
  • Google Cloud Storage, salah satu platform cloud storage yang dapat menyimpan data secara besar dan tidak terstruktur. Beberapa layanan data yang juga bisa disimpan seperti NoSQP non-relational, Cloud SQL untuk MySQL, dan Cloud Bigtable.
  • Google Container Engine, salah satu sistem manajemen dan pengukuran untuk docker container yang dijalankan pada Google Public Cloud dan berbasis engine Google Kubernetes

Google Cloud Platform juga bersaing dalam hal pemrosesan dan analisa data melalui produknya yaitu Google BigQuery yang difokuskan pada SQL dan Google Cloud Dataflow untuk analisa, ETL, dan real-time computational projects. Google Cloud Platform juga mencakup Google Cloud Dataproc yang fokus pada Apache Spark dan Hadoop.

Microsoft Azure

Meskipun Microsoft tergolong lambat dibandingkan Google dan Amazon, namun Microsoft tidak mau ketinggalan dalam komputasi awan. Microsoft meluncurkan Microsoft Azure sebagai PaaS. Melalui Microsoft Azure, Anda bisa membuat aplikasi melalui cloud baik web application, cloud service, atau aplikasi yang berjalan dalam virtual machine.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Azure adalah kemampuan Microsoft Azure untuk menjalankan aplikasi dan berbagai jenis teknologi serta platform seperti .NET, JAWA, dan PHP. Microsoft Azure menggunakan teknologi REST sehingga proses komunikasi antar aplikasi dapat menggunakan protokol HTTP.

Hal yang paling diunggulkan dari Microsoft Azure adalah fitur Geo-Aware. Pada saat pengguna menggunakan Microsoft Azure dan mengembangkan aplikasi, pengguna dapat memilih data center yang paling dekat dengan pengguna sehingga tingkat konektivitas menjadi lebih tinggi.

IBM Cloud

Jika Anda mencari komputasi awan yang dapat mengelompokkan data Anda berdasarkan kategori tertentu maka Anda bisa menggunakan IBM Cloud. IBM Cloud adalah platform yang bisa digunakan untuk analisa data dengan pengelolaan internal sehingga dapat menyederhanakan, menyatukan, mengatur, dan mempercepat nilai data science dan AI.

IBM Cloud memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan komputasi awan lainnya yaitu

  • Platform Tunggal dan Terpadu yang dapat mempercepat waktu untuk menilai hasil data yang telah diintegrasikan dengan manajemen data serta tata kelola data. Sehingga efisiensi menjadi lebih besar dan terjadi peningkatan penggunaan sumber daya.
  • Pengelolaa data bawaan yang lebih rapi sehingga secara efisien IBM Cloud dapat menanggapi perubahan peraturan dengan kemampuan tata kelola data yang sangat baik termasuk di dalamnya penemuan dan klasifikasi data otomatis, penyembunyian data sensitif, zona data, dan manajemen siklus hidup data
  • Cloud-native agility yang mempercepat pengembangan dan penyebaran aplikasi pada platform IBM Cloud.
  • Akselerator industri yang dapat menyesuaikan dengan alur kerja data dengan kebutuhan pribadi Anda
  • Virtualisasi terdepan untuk data industri dengan cara mengumpulkan data lebih mudah dan aman dari berbagai sumber.
  • Sudah siap dengan teknologi AI yang dapat memberikan wawasan dan keputusan yang akurat dan otomatis dari data Anda
  • API dan ekosistem yang dapat diperluas untuk berbagai sektor industri seperti keuangan, asuransi, dan sejenisnya
  • Kecerdasan berkelanjutan dengan aplikasi streaming real-time dan memberikan informasi berkelanjutan untuk bisnis Anda.

Alibaba Cloud

Salah satu layanan komputasi awan terbaik adalah Alibaba Cloud. Keuntungan menggunakan Alibaba cloud adalah tanpa adanya batasan cloud. Anda bisa mengurangi latensi dengan menggunakan 14 pusat data alibaba di seluruh dunia.

Selain itu, perlindungan data Anda sangat baik dikarenakan Alibaba Cloud telah memenuhi sertifikasi internasional tingkat tinggi untuk menjamin keamanan data para penggunannya. Selain itu, Alibaba Cloud juga memiliki teknologi yang mampu menyortir data lebih baik, anti-DDoS, dan pemrosesan transaksi per detik.

Oracle Cloud

Salah satu komputasi awan terbaik adalah Oracle Cloud Platfrom. Oracle Cloud Platform memiliki lebih dari 24 layanan Cloud dengan berbagai layanan seperti SaaS, PaaS, dan IaaS yang paling luas dan mendalam di seluruh dunia. Beberapa layanan yang disediakan oleh Oracle Cloud adalah Oracle Database Cloud – Exadata.

Oracle Cloud Platfrom dapat membantu para pengguna Oracle untuk membangun aplikasi baru, mengembangkan dan memperluas aplikasi yang telah dibuat sebelumnya, dan mudah memindahkan beban kerja on-premise ke cloud tanpa mengubah aplikasi. Selain itu, para pengguna dapat memanfaatkan middleware dan perangkat lunak Oracle.

Beberapa pelanggan yang telah menggunakan Oracle Cloud Platform adalah Australian Finance Group, Avaya, dan CClaix. Oracle Cloud Platform juga menyediakan layanan Database Cloud, Jawa Cloud, Documents Cloud, Business Intelligence, dan Database Backup Service.

List Info Cloud Computing
Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *