Kelemahan CRM

Meskipun sistem ini menawarkan banyak fitur dalam 1 paket, terdapat beberapa kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakan sistem ini. Berikut ini beberapa kelemahan yang dimiliki oleh sistem ini.

Mengurangi Campur Tangan Karyawan

Sebagian besar proses penggalian dan pencarian data dilakukan oleh mesin sehingga semua informasi tidak disaring sejak awal. Selain itu, pendekatan terhadap pelanggan menjadi lebih otomatis dan kehilangan unsur manusia di dalamnya. Beberapa pelanggan tidak merasa nyaman dengan sistem ini.

Kekurangan CRM

Sehingga Anda harus memperhatikan sejauh mana sistem ini dapat Anda gunakan tanpa harus kehilangan pelanggan-pelanggan Anda.

Problematika Keamanan dan Risiko Kehilangan Data

Masalah yang sering dihadapi ketika berhadapan dengan aplikasi adalah keamanan dan kehilangan data. Kendala keamanan dan kehilangan data bisa terjadi kapan saja mulai dari aplikasi yang tidak menyimpan data yang telah dimasukkan atau karyawan yang tidak memasukkan data secara akurat.

Kelemahan CRM

Belum lagi masalah pembobolan data sekaligus masalah teknis seperti kehilangan sinyal dan mati listrik. Tentu saja akan berpengaruh terhadap data-data yang ada dalam aplikasi tersebut.

Perlu Pelatihan Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi untuk membantu pekerjaan harus dibarengi dengan pelatihan penggunaan aplikasi. Dengan sistem yang baru, karyawan butuh menyesuaikan diri sekaligus belajar mengenai sistemnya. Hal ini akan menambah biaya sekaligus waktu lebih lama yang dapat menghambat pekerjaan.

Membutuhkan Dukungan Teknis Tambahan

Dikarenakan aplikasi bersifat digital, maka teknisi tambahan perlu diberikan terutama yang memahami cara kerja aplikasi tersebut. Penambahan teknisi ini akan berdampak terhadap biaya yang akan dikeluarkan. Biaya ini akan muncul bagi sistem yang tidak berbasis cloud karena menggunakan teknisi dari Anda atau pihak ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.