Manfaat CRM

Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan strategi ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan selama menggunakan strategi ini.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan Calon Pelanggan

Salah satu tujuan strategi ini adalah mendapatkan informasi mengenai kebutuhan dan kebiasaan dari para pelanggan dan calon pelanggan mengenai aktivitas jual-belinya. Dengan berlandaskan data tersebut, Anda dapat memahami kebutuhan para pelanggan sehingga produk Anda tepat sasaran.

Manfaat CRM 2

Anda bisa mendapatkan semua informasi dari para pelanggan atau calon pelanggan mulai dari call center, website Anda, hingga staf pemasaran dan pelayanan di lapangan.

Mengurangi Biaya Penjualan

Manfaat kedua yang bisa Anda rasakan adalah pengurangan biaya penjualan dikarenakan segmen pasar yang Anda tuju menjadi lebih spesifik. Sehingga kegiatan penjualan dan pelayanan menjadi lebih murah karena tertuju pada pelanggan yang tepat dan waktu yang tepat.

Operasional menjadi lebih Efisien

Manfaat ketiga yang bisa Anda rasakan adalah berkurangnya risiko penurunan kualitas penjualan dan pelayanan kepada pelanggan. Dengan memasarkan pada pelanggan yang tepat, operasional menjadi lebih efisien karena tepat sasaran sekaligus menjaga arus kas tetap sehat.

Manfaat CRM
Manfaat CRM

Salah satu contoh menjaga arus kas sehat adalah penggunaan teknologi call center. Dengan mempertimbangkan perilaku pelanggan selama proses penjualan, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kebiasaan pelanggan sehingga Anda dapat memutuskan penggunaan teknologi call center yang tepat.

Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan teknologi call center yang tepat menjadi lebih murah dibandingkan melakukan uji trial and error pada teknologi call center Anda.

Time to Market Semakin Besar

Manfaat keempat adalah time to market semakin besar. Dengan adanya informasi mengenai perilaku pembelian pelanggan, maka Anda bisa mendapatkan tren produk yang sedang diminati oleh para pembeli. Sehingga produk Anda bisa lebih cepat masuk ke dalam pasar.

Menambah dan Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Manfaat kelima adalah peningkatan dan pertambahan pendapatan bisnis. Dengan iklim bisnis yang lebih sehat, baik secara pelayanan dan pemasaran, maka biaya-biaya tak terduga yang dihasilkan oleh pelayanan dan pemasaran menjadi lebih sedikit. Sehingga pendapatan Anda menjadi lebih meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.