Konsep CRM

Manajemen hubungan pelanggan terdiri dari 3 hal utama yaitu Sales, Direct Marketing and Fulfillment, dan Customer Service and Support. Tiga hal utama ini yang akan membangun konsep berpikir pada manajemen hubungan pelanggan.

Konsep CRM

Sales

Konsep pertama adalah sales atau penjualan. Konsep ini menjelaskan mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk menelusuri kontak dari setiap pelanggan dan memahami siklus hidup pelanggan mulai dari cross-selling hingga up-selling. Sistem ini akan mengingatkan marketer Anda untuk memberikan penawaran pada pelanggan Anda.

Direct Marketing and Fulfillment

Konsep kedua adalah Direct Marketing and Fulfillment. Konsep ini akan melakukan otomatisasi terhadap tugas-tugas manajemen yang berhubungan dengan pelanggan seperti manajemen respon pelanggan, penjadwalan kontak sales, serta informasi lengkap mengenai calon pelanggan dan pelanggan.

Customer Service and Support

Konsep terakhir adalah customer service and support. Konsep ini berfokus pada efisiensi kegiatan mulai dari membuat, menunjuk, dan mengelola permintaan layanan lebih cepat sehingga masalah yang dialami oleh pelanggan menjadi lebih cepat teratasi. Selain itu, sistem ini dapat membantu para customer service untuk menghadapi masalah pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.