Data Center Architecture

Data Center Architecture
Data Center Architecture

Dalam membangun sebuah data center, dibutuhkan pertimbangan-pertimbangan yang berhubungan dengan arsitektur data center. Berikut ini pertimbangan yang harus diambil dalam membangun arsitektur data center.

Desain Infrastruktur Teknologi

Desain infrastruktur teknologi data center merupakan sebuah proses permodelan dan perancangan yang mencakup IT resources, layout arsitektur, dan infrastruktur secara keseluruhan.

Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi data center berdasarkan jarak data center dengan jaringan listrik yang tersedia, infrastruktur telekomunikasi, layanan networking, jalur transportasi, dan layanan transportasi serta layanan darurat untuk mendukung jika terjadi masalah pada data center.

Modularitas dan Fleksibilitas

Modularitas dan fleksibilitas data center adalah kunci peningkatan data center dan pengembangan data center dari waktu ke waktu.

Kontrol Lingkungan

Lingkungan sekitar dan yang berada di dalam wilayah data center dijaga secara ketat baik pendingin udara untuk menjaga suhu dan kelembapan pada daerah data center. Selain itu, informasi panas, kelembapan, aliran udara, asap, dan listrik harus dikontrol setiap waktu.

Electrical Power

Cadangan listrik yang besar harus berada di sekitar wilayah data center jika pasokan listrik utama dari PLN mati hingga generator hidup kembali. Biasanya data center memiliki Double Feeder Line untuk menjaga power supply tidak terganggu.

Fire Protection

data center harus dekat dan mudah diakses oleh pemadam kebakaran. Sehingga jika terjadi kebakaran dapat segera diatasi. Selain itu, sistem keamanan terhadap kebakaran seperti deteksi, alarm, evakuasi, dan penanganan kebakaran harus dapat berlangsung secara efektif berdasarkan layout yang dibuat.

Keamanan

Akses masuk menuju data center harus melewati serangkaian pos penjagaan untuk menjaga keamanan orang yang masuk dan keluar dari data center sehingga tidak terjadi pencurian data.

Efisiensi Energi

Data center harus memiliki metrik efisiensi energi yang jelas. Pada umumnya metrik efisiensi energi ditulis dalam satuan PUE. Suatu data center yang memiliki PUE > 1 akan memiliki kerja yang optimal.

Jaringan Data Center

Jaringan data center harus menyediakan koneksi antar jaringan menuju data centersesuai dengan topologi jaringan, routing, dan protokol yang telah dibuat.

Keberadaan data center sangat krusial dalam industri terutama dalam penyediaan data. Memilih penyedia layanan data center yang tepat akan mencegah dan mengurangi risiko gangguan dan kerusakan data yang nantinya akan Anda simpan.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *