Kriteria Data Center

Dengan mengedepankan faktor mudah diakses, cepat, stabil, aman dari gangguan, suatu data center harus memenuhi beberapa kriteria yang menjadi dasar penentuan data center.

Kriteria Data Center

Berikut ini beberapa kriteria dasar suatu data center.

Lokasi Data Center

Kriteria pertama adalah lokasi dari data center. Pemilihan lokasi data center harus meliputi wilayah yang aman dari berbagai gangguan seperti demo anarkis serta bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor, dan bencana alam lainnya. Jika lokasi berada di daerah rawan gangguan dan bencana, maka keamanan data center dipertanyakan.

Lokasi Data Center

Selain itu, sebuah data center harus berada di wilayah yang tidak mengalami permasalahan kebutuhan air. Air berfungsi sebagai salah satu pendingin untuk data center. Sehingga penghematan dapat dilakukan tanpa menurunkan kualitas layanan.

Kehandalan Data Center

Kriteria kedua adalah kehandalan dari data center. Kehandalan data center memiliki artian pusat memiliki kemampuan untuk diakses secara masif oleh banyak pengguna secara bersamaan tanpa menimbulkan kegagalan pemanggilan data. Biasanya data center harus memiliki kecepatan data yang baik.

Skalabilitas Data Center

Suatu data center harus memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi terutama dalam memberikan layanan kepada pelanggannya seperti kemudahan dalam mengatur skala penggunaan server.

Skalabilitas Data Center

Skalabilitas data center harus didukung oleh infrastruktur IT yang baik dengan desain arsitektur yang mendukung fleksibilitas yang cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *