Belajar Data Science

Jurusan Data Sains

Dewasa ini, menjadi seorang Data Scientist dianggap sebagai profesi yang menjanjikan, lebih-lebih banyaknya industri berbasis digital yang bermunculan.

Lowongan pekerjaan sebagai Data Scientist juga sangat banyak, karena profesi ini masih terhitung jarang yang meminatinya. Kabar baiknya, sekarang ini jurusan Data Science sudah tersedia di beberapa kampus ternama di Indonesia.

Belajar Data Science

Data Science ini biasanya tersedia sebagai peminatan dari beberapa program studi semisal Matematika, Statistik, Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang hobi menganalisis dan problem solving. Selain bahasa pemrograman, statistik, dan data modelling, Anda juga akan belajar tentang komunikasi yang efektif dan visualisasi data.

Setelah mengambil jurusan ini, peluang karir menjanjikan yang bisa Anda pilih di antaranya adalah Data Scientist, Data Analyst hingga Arsitek Big Data. Anda juga akan berkesempatan berkarir di perusahaan berbasis digital semisal Google dan semacamnya.

Tidak hanya itu, lulusan Data Science juga sangat diterima di perusahaan konvensional semisal perbankan, manufaktur dan jasa.

Kursus Data Sains

Seperti yang Anda tahu, kebutuhan akan seorang Data Scientist sangat masif, sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan ketersediaan personalnya. Namun jangan khawatir, sepertinya profesi ini masih akan ada bertahun-tahun kemudian, berkat gencarnya digitalisasi. Jadi tidak ada kata terlambat untuk belajar Data Science.

Kursus Data Sains

Selain kuliah jurusan Data Science, masih ada cara lain untuk menguasai ilmu mutakhir ini, yaitu dengan mengikuti kursus data sains. Tidak perlu susah-susah, sekarang ini banyak bermunculan jasa kursus data sains di internet, gratis maupun berbayar.

Jika Anda tidak sempat kuliah dan ingin mempelajari data sains secara intens, maka bisa mengambil salah satu kursus yang tersedia.

Beberapa kursus gratis data sains online yang bisa Anda ikuti adalah :

  • Machine Learning-Andrew Ng di Coursera
  • Fast.ai
  • Statistics and Probability-Khan Academy

Belajar Data Science Otodidak

Untuk Anda yang penasaran, belajar Data Science secara otodidak sangat mungkin dilakukan, meski butuh usaha yang lebih keras karena tidak ada seorang profesional yang mendampingi.

Sebenarnya, mempelajari Data Science tidak serumit kedengarannya, yang menjadi tantangan adalah representasi matematika serta metodologi pengoptimalan yang terdapat di Data Science itu sendiri.

Belajar Data Science Otodidak

Nah, untuk mulai belajar Data Science secara otodidak, maka bisa memulainya dengan belajar di platform kursus online semisal Udemy, EDX dan Corursera.

Mengambil kursus online ini juga ditengarai lebih murah dibandingkan kursus secara offline. Keuntungannya lagi, ada beberapa kursus yang bisa diakses gratis, misalnya saja Web Scrapping untuk kompilasi data dari website.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *