Contoh Sistem ERP

On Premise

Sistem pertama adalah sistem On-Premise atau sistem konvensional. Sistem ini menempatkan Enterprise Resource Planning pada satu tempat yang dipasang secara lokal di perangkat keras dan server komputer yang dikelola oleh staf IT. Nama lain dari sistem ini adalah sistem in-house.

Cloud

Sistem kedua adalah jenis Cloud atau dikenal dengan SaaS. Keunggulan sistem Cloud adalah perusahaan dapat mengelola data secara lebih baik menggunakan koneksi internet tanpa biaya investasi perangkat keras yang besar. Biaya yang dikeluarkan adalah biaya penggunaan sistem selama per bulan atau per tahun.

Contoh Sistem ERP

Sistem ini memiliki pembaharuan dan peningkatan kinerja secara berkala karena pemeliharaan dan perbaikan sistem dilakukan oleh tim penyedia layanan sistem ini. Selain itu, mobilitas yang diberikan lebih tinggi dikarenakan Anda bisa mengakses kapan saja dan di mana saja.

Hybrid On Premise dan Cloud

Sistem ketiga adalah perpaduan antara sistem On-Premise dengan sistem Cloud. Biasanya sistem ini digunakan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan data. Sistem konvensional atau On-Premise digunakan untuk data-data penting seperti data pelanggan yang tidak boleh dipegang oleh pihak ketiga.

Hybrid On Premise dan Cloud

Sedangkan sistem Cloud digunakan untuk informasi berupa pembelian dan penjualan yang bisa dipegang oleh pihak ketiga. Selain itu, sistem ini digunakan bagi usaha yang melakukan transisi dari sistem konvensional menuju sistem cloud.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *