Cara Kerja ERP

Secara garis besar, sistem ini memiliki 3 bagian yaitu bagian Front-Office, Back-Office, dan Central Database. Ketiga bagian ini berintegrasi menciptakan cara kerja sistem yang baik.

Front-Office

Pada mulanya, sistem ini akan menangani masalah yang berkaitan dengan Front-Office yaitu penjualan (Sales) dan CRM. Penjualan dan CRM akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan para pelanggan serta kebiasaan yang dimiliki oleh pelanggan selama melakukan pembelian dan berinteraksi dengan usaha Anda.

Cara Kerja ERP

Data-data tersebut kemudian akan disimpan dalam Central Database yang akan dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan-keputusan penting berhubungan dengan Laporan dan HRM.

Back-Office

Hal yang berkaitan dengan Back-Office adalah akuntansi, manufaktur, inventaris, dan pembelian. Semua informasi yang berkaitan dengan penyedia barang, stok barang, bill of materials, semua informasi tersebut akan dicatat dalam Back-Office. Selanjutnya informasi tersebut akan masuk ke dalam Central Database.

Back Office

Selain itu, informasi dari Front-Office akan diteruskan menuju Back-Office untuk menyesuaikan kebutuhan dan permintaan pada Front-Office dengan persediaan yang ada dalam data Back-Office. Umpan balik terus digunakan untuk memutuskan melakukan pengisian ulang barang atau pemberhentian pembelian dari penyedia barang.

Central Database

Hal terakhir yang harus Anda mengerti adalah Central Database. Central Database berisi informasi yang diberikan oleh Front-Office dan Back-Office. Informasi tersebut digunakan untuk mengatur HRM usaha Anda. Informasi tersebut bisa dijadikan landasan dalam menetapkan keputusan-keputusan yang berkaitan dengan karyawan Anda.

Central Database

Central Database juga bisa digunakan sebagai bahan laporan yang akan disampaikan kepada pihak yang berkepentingan dalam usaha Anda. Dengan melihat data-data yang ada dalam laporan Central Database, pihak-pihak yang berkepentingan dapat memutuskan tindakan dan upaya untuk meningkatkan usaha Anda menjadi lebih baik.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *