Manfaat ERP

Integrasi Sistem Informasi Keuangan

Manfaat pertama dalam menggunakan sistem ini adalah integrasi sistem informasi keuangan. Pada beberapa sistem keuangan, biasanya departemen melakukan pencatatan yang berbeda untuk keuangan, penjualan, dan sebagainya. Dengan sistem ini, sistem informasi keuangan menjadi terintegrasi antara keuangan, penjualan, pembelian, dsb.

Manfaat ERP

Sehingga karyawan Anda tidak perlu repot untuk merekonsiliasi atau menyamakan persepsi antar departemen dan dapat berfokus pada pengembangan bisnis yang Anda jalankan. Hal ini dapat menghemat biaya operasional dan biaya pemeliharaan sistem yang dijalankan oleh bisnis Anda.

Pengelolaan Pesanan dan Persediaan

Manfaat kedua menggunakan sistem ini adalah Anda bisa mengelola pesanan, produksi, persediaan, dan distribusi menjadi lebih baik.

Pengelolaan Pesanan dan Persediaan

Anda bisa mengelola semua bagian tersebut ke dalam satu sistem sehingga keterlambatan dapat dihindari, informasi persediaan barang lebih akurat, dan Anda bisa memenuhi setiap kebutuhan dari pelanggan Anda.

Pengelolaan dan Analisa Pelanggan Bisnis

Manfaat ketiga dari sistem ini adalah pencatatan mengenai interaksi antara pelanggan dan bisnis Anda serta informasi terkait pesanan, pengiriman, pengembalian, dan permintaan layanan lebih cepat. Dengan pencatatan ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kebiasaan dan perilaku pelanggan Anda sehingga dapat merumuskan langkah yang tepat.

Pengelolaan dan Analisa Pelanggan Bisnis

Dengan memahami perilaku sekaligus kebutuhan pelanggan, Anda bisa merumuskan metode promosi yang tepat serta meningkatkan fitur produk yang Anda jual. Pelanggan akan lebih tertarik dikarenakan sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan.

Standarisasi dan Katalisasi Produksi

Manfaat keempat yang bisa Anda rasakan adalah standarisasi dan katalisasi produksi. Jika Anda berencana untuk melakukan merger dan akuisisi bisnis, biasanya akan terkendala dalam integrasi sistem yang Anda. Beberapa usaha membuat widget dan fitur yang sama dengan usaha Anda.

Standarisasi dan Katalisasi Produksi

Dengan sistem ini, Anda bisa mengatur, membuat standar, dan mengotomasi sistem produksi Anda dengan sistem produksi baru sehingga dapat menghemat waktu, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi biaya pembuatan sistem yang baru.

Pengelolaan Sistem HRD

Manfaat kelima adalah pengelolaan sumber daya manusia yang lebih baik. Bagi usaha yang memiliki unit bisnis yang cukup banyak, pengelolaan kebutuhan karyawan, distribusi gaji dan insentif, serta pelacakan jam kerja tentu memiliki tantangan tersendiri. Dengan sistem ini, Anda bisa mengatur sumber daya manusia lebih rapi.

Pengelolaan Sistem HRD

Anda bisa menyimpan informasi detail mengenai kebutuhan karyawan Anda, mengatur gaji dan insentif, mengatur kehadiran karyawan, melacak pengeluaran, mengelola permintaan cuci, memberikan penilaian kinerja, pengelolaan pajak, dan masih banyak lagi. Sistem ini juga dapat digunakan karyawan untuk berbagai kebutuhan.

Karyawan dapat mengajukan cuti lebih mudah, pengembalian dana lebih cepat, melihat slip gaji yang diberikan, memasukkan jam kerja yang telah dilakukan, dan mencari tahu informasi mengenai karyawan lainnya.

Penanganan Pengadaan Barang

Manfaat keenam adalah sistem yang terintegrasi untuk pengadaan barang. Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat berkomunikasi dengan pemasok lebih mudah sehingga pembelian barang menjadi lebih mudah dikarenakan sistem ini menerapkan pembelian otomatis, pengontrolan biaya pembelian, dan mempercepat pemesanan.

Pembuatan Berbagai Laporan Usaha

Manfaat ketujuh dari sistem ini adalah pembuatan laporan usaha secara otomatis. Dengan menggunakan sistem ini, laporan keuangan, laporan pajak, penjualan, dan lain-lain dapat dilakukan secara otomatis berdasarkan data-data yang telah dimasukkan pada sistem ini. Sehingga laporan usaha menjadi lebih akurat dan lengkap tanpa proses yang lama.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *