Konsep ERP

Sistem ini terbentuk dari beberapa sub sistem bisnis yaitu Akuntansi, Customer Relation Management (CRM), Human Resource Management (HRM), Penjualan (Sales), Inventarisasi, Pembelian, dan Manufaktur yang saling berhubungan.

Akuntansi

Dalam menjalankan sistem ini, hal pertama yang perlu Anda pahami adalah akuntansi. Modul akuntansi akan mengelola arus kas dalam bisnis Anda baik yang keluar atau masuk. Selain itu, modul akuntansi akan membantu mencatat berbagai pengeluaran, neraca, buku besar, rekonsiliasi bank, penganggaran, manajemen pajak, dan lain-lain.

Konsep ERP

Dengan menggunakan modul akuntansi, Anda bisa membuat laporan keuangan dalam sekejap dengan memperhatikan beberapa data yang telah dimasukkan pada bidang akuntansi.

Customer Relation Management (CRM)

Hal kedua yang perlu Anda tahu adalah Customer Relation Management (CRM). CRM berfungsi sebagai pencatatan interaksi penjualan dengan pelanggan Anda. Modul CRM akan membantu Anda memahami sekaligus membangun hubungan yang sehat dengan pelanggan Anda sehingga mereka akan kembali membeli barang Anda.

Customer Relation Management

Sebagian besar informasi yang dicatat oleh CRM adalah riwayat komunikasi pelanggan, data transaksi yang telah dilakukan, durasi kontrak, panggilan, pertemuan, dan berbagai data lain yang berhubungan dalam penentuan perilaku dan kebutuhan pelanggan.

Human Resource Management (HRM)

Hal ketiga yang perlu Anda tahu adalah Human Rosource Management (HRM). Modul HRM akan membantu Anda untuk mengelola berbagai informasi yang berkaitan dengan karyawan seperti deskripsi pekerjaan, penilaian kinerja, kehadiran, cuti, gaji, dan sebagainya termasuk pengembalian biaya.

Penjualan (Sales)

Hal keempat yang perlu Anda tahu adalah penjualan (sales). Modul penjualan bertugas untuk menangani permasalahan yang berkaitan dengan sales order, penawaran usaha, faktur, pertanyaan seputar penjualan.

Inventarisasi

Modul inventaris difungsikan untuk mengelola stok barang sekaligus melacak informasi yang berkaitan dengan produk Anda mulai persediaan, jadwal pengisian ulang, forecasting, dan laporan inventaris.

Pembelian (Purchasing)

Modul pembelian sangat berkaitan dengan informasi mengenai penyedia barang atau supplier yang bekerja sama dengan Anda. Modul ini akan mencakup informasi sejenis daftar supplier, permintaan dan penawaran, Goods Receipt Notes, Pembaharuan stok, dan Purchase Order.

Manufaktur

Modul manufaktur fokus pada peningkatan efisiensi sistem produksi seperti perencanaan produk, material routing, pemantauan produksi harian, pembuatan bill of materials. Semua informasi ini akan dicatat sekaligus menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan terkait produksi.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *