8c7a51fd800532ee02e2fc9e0953edd8
Teknologi

Inilah 6 Penyebab Sinyal Lemah di Dalam Rumah yang Perlu Diketahui

Sinyal internet memang kini sudah seperti kebutuhan pokok apalagi pagi kalangan remaja atau pekerja WFH. Kebanyakan orang juga akan betah jika dihadapkan dengan ponsel dan sinyal yang lancar. Sinyal lancar merupakan keinginan setiap orang, tapi kadang ada saja gangguan yang menyebabkan sinyal lemah meskipun di dalam rumah. Penyebab sinyal lemah di dalam rumah perlu diketahui agar bisa diatasi.

Hal-hal seperti itu memang kadang sering terjadi, ketika di luar rumah sinyal aman-aman saja bahkan sangat lancar. Lalu mengapa saat di dalam rumah seketika melemah atau bahkan hilang? Hal itu pasti banyak ditanyakan oleh sebagian orang yang mengalami sinyal yang lemah. Untuk itu, simak ulasan mengenai penyebab melemahnya sinyal jika di dalam rumah berikut ini:

1. Rumah Berada Jauh dari Jangkauan Internet

Penyebab sinyal lemah di dalam rumah yang pertama adalah jauhnya jangkauan internet atau yang sering disebut dengan tower. Hal seperti ini sering terjadi di daerah pegunungan, karena memang belum banyak jaringan yang tersedia. Oleh karena itu, kadang ketika ingin mendapatkan sinyal harus mencari terlebih dahulu di luar rumah atau tempat terbuka yang sinyalnya lebih kuat.

2. Kerusakan Tower

Penyebab kedua bisa jadi melemahnya sinyal itu karena tower terdekat sedang rusak atau sedang dalam masa perbaikan. Tower provider memang sering kali diperbaiki agar sistem juga dapat terus berjalan. Jika masalah tersebut dikarenakan rusaknya sinyal mungkin sinyal lemah tadi bisa terjadi kurang lebih sekitar tiga hari.

3. Baterai Hampir Habis

Melemahnya sinyal yang ketiga ini bisa saja disebabkan oleh baterai ponsel yang sudah menipis atau hampir habis. Mengapa baterai yang hampir habis dapat menyebabkan melemahnya sinyal? Hal ini karena, ketika baterai ponsel menipis, maka sistem dari kinerja ponsel akan menurun. Bukan hanya ponselnya saja, namun juga akan menurunkan kinerja sinyal internet itu sendiri.

4. Pemilihan Kartu yang Tidak Tepat

Selanjutnya yang bisa jadi penyebab dari lemahnya sinyal saat di dalam rumah adalah mungkin saja pengguna salah dalam memilih kartu. Memang ada beberapa jenis kartu yang tidak bisa bekerja secara maksimal atau tidak menemukan jaringan di tempat tertentu. Seperti halnya kartu yang saat itu di pakai merupakan kartu yang dibeli di kota, sering kali ketika dibawa ke daerah pedesaan kualitas sinyalnya akan menurun.

5. Faktor Cuaca

Penyebab sinyal lemah di dalam rumah yang kelima bisa jadi karena cuaca saat itu sedang buruk. Saat di tempat tersebut hujan ataupun mendung biasanya sinyal akan sedikit melemah dari biasanya ketika cuaca sedang bagus. Mungkin saat hujan sinyal akan terhalang oleh air hujan untuk sampai ke tempat pengguna.

6. Rumah Terlalu Rapat

Rumah terlalu rapat seperti memiliki dinding-dinding tebal yang mengelilingi juga dapat menyebabkan sinyal melemah karena dinding tebal dapat menghalangi masuknya sinyal. Kejadian seperti ini mirip seperti ketika berada dalam terowongan bawah tanah yang biasanya disana tidak terdapat jaringan internet. Rumah yang terlalu tinggi juga biasanya susah sinyal, sebab sinyal tidak mampu menggapai tempat yang terlalu tinggi.

Itu tadi merupakan 6 penyebab sinyal lemah di dalam rumah yang sering terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya mungkin pengguna bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Apabila hal itu terjadi, pengguna bisa juga menggunakan jaringan WiFi terlebih dahulu. Namun perlu diperhatikan juga apakah kuota internet masih ada, sebab ketika kuota hampir habis juga akan menurunkan kualitas sinyal agar berhemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *