Teknologi

Modul SAP

Modul Materials Management

Implementasi sistem SAP dalam sebuah perusahaan bisa mendukung multi-task sehingga operasional perusahaan bisa dijalankan dengan efektif dan efisien. Hal ini karena sistem SAP tersusun dari banyak modul, salah satunya adalah Materials Management.

Modul SAP

Materials Management atau MM ini dapat membantu pengelolaan bahan atau material perusahaan dengan lebih sistematis. Beberapa sub komponen populer dalam modul MM ini adalah pembelian, inventaris, verifikasi faktur, perencanaan berdasarkan konsumsi, master vendor dan lain sebagainya.

Modul Sales and Distribution

Modul Sales and Management atau SD ini membantu pengelolaan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, mulai dari permintaan, penawaran, harga dan lain-lain.

Modul Sales and Distribution

Modul yang berjasa mengendalikan persediaan dan manajemen ini terdiri dari master, transaksi, konfigurasi dan sistem. Sedangkan sub-komponen SD adalah data master, penjualan, delivery, penagihan dan lain-lain.

Modul Production Planning

Selanjutnya ada modul Production Planning atau PP, yang didesain khusus untuk perencanaan dan produksi. Modul PP ini meliputi master, konfigurasi sistem, serta transaksi yang berguna untuk finalisasi metode perencanaan produksi.

Modul Production Planning

Modul ini juga bekerja sama dengan data master, penjualan, perencanaan biaya produk, sumber daya distribusi, operasi dan masih banyak yang lainnya.

Modul Financial Accounting

Modul Financial Accounting ini berjasa dalam membantu karyawan agar bisa mengelola data terkait dengan transaksi keuangan atau bisnis dalam sistem yang sudah terpadu.

Modul Financial Accounting

Modul ini juga sudah bersinergi dengan modul lainnya semisal Material Management, Sales and Distribution, Production and Planning dan seterusnya.

Modul Controlling

Modul sistem SAP berikutnya adalah Controlling, yang berguna untuk men-support kinerja perencanaan, pelaporan sekaligus pengawasan operasi bisnis atau perusahaan.

Modul Controlling

Controlling di sini juga bisa diartikan sebagai pengelolaan dan konfigurasi data master, yang mana di dalamnya termasuk pusat biaya, elemen biaya, pusat laba, pesanan internal dan lain sebagainya.

Modul Quality Management

Modul Quality Manajement atau QM ini membantu sebuah perusahaan untuk bisa menjamin kualitas dari produksi dalam perusahaan secara total.

Modul Quality Management

Melalui modul ini, perusahaan bisa meningkatkan kinerja bisnis dengan menggunakan metode yang terstruktur dan fungsional. Modul ini biasanya berkolaborasi dengan pengadaan dan penjualan, perencanaan, produksi, kontrol, audit dan lainnya.

Modul Human Capital Management

Terakhir ada modul Human Capital Management atau HCM, yang mana berfungsi untuk meningkatkan proses kerja agar lebih baik sekaligus manajemen data khususnya di departemen SDM dalam perusahaan.

Modul Human Capital Management

Artinya, modul ini memproses hak mempekerjakan karyawan sekaligus mengevaluasi kinerjanya, penggajian, promosi, kompensasi dan masih banyak lagi.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.