Cara Melihat Arsip Status WhatsApp Intip kembali Cerita Lama
Teknologi, Tutorial

Cara Melihat Arsip Status WhatsApp, Intip kembali Cerita Lama

WhatsApp menjadi aplikasi dengan jumlah pengguna yang terus bertambah setiap tahunnya. Jumlahnya kini sudah melebihi 5 miliar unduhan dan menjadi media chat terpopuler saat ini. Tidak hanya chat namun juga mengunggah status layaknya media sosial lain.

Status tersebut ternyata bisa dilihat kembali jika mengetahui cara melihat arsip status WhatsApp. Arsip ini bukan hanya pesan yang tersimpan, melainkan juga data lainnya termasuk status. Inilah cara melihatnya kembali :

1. Membuka File Manager

Bukalah File Manager di bagian Settings. Perlu diketahui bahwa ponsel bisa memiliki nama yang berbeda-beda. Ada yang bernama My Files (biasanya ditemukan pada Android merk Samsung), ada juga yang File Manager (biasanya pada Oppo, Xiaomi).

Di sini terdapat seluruh file maupun aplikasi yang terinstal dalam ponsel pintar, termasuk juga WhatsApp. Walaupun ada perbedaan nama, namun cara melihat kembali status yang tersimpan relatif sama dalam berbagai ponsel tipe Android.

2. Membuka Pengaturan Apps

Akseslah menu pengaturan pada bagian File Manager. Begitu berhasil terbuka, langkah selanjutnya adalah menekan logo seperti tiga titik pada bagian kanan atas. Selanjutnya ketuk “Settings”. Di halaman pengaturan yang sudah terbuka, menyalakan opsi yang bertuliskan “Show hidden files”.

Bagian ini berfungsi untuk menunjukkan berbagai file yang tersembunyi, namun masih tersimpan dalam memori hp. Sesudah itu, kembalilah pada halaman utama “File Manager” tadi.

3. Mengakses Penyimpanan Internal

Bukalah pilihan “Internal Storage”. Biasanya bagian ini terletak pada “Phone”. Setelah membuka bagian tersebut, cara melihat arsip status WhatsApp selanjutnya adalah memperhatikan daftar seluruh folder dan juga file yang disimpan dalam penyimpanan internal ponselnya.

Folder ini bisa jadi sangat banyak, tergantung jumlah aplikasi yang dimiliki pengguna. Geser terus layarnya ke bawah sampai menemukan tulisan aplikasi yang ingin dicari, dalam hal ini WhatsApp.

4. Membuka Folder Penyimpanan

Setelah masuk dalam folder WA, langkah berikutnya yaitu mencari folder dengan nama “Media”. Selanjutnya menuju folder bertuliskan “.Statuses”. Di dalam folder ini nantinya pengguna bisa melihat berbagai gambar, video, dan juga Gift yang berasal dari semua status yang pernah diunggah ke WhatsApp miliknya, termasuk yang di-post oleh dirinya sendiri.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa status akan muncul di folder asalkan pengguna sudah melihatnya dalam aplikasi. Apabila tidak dibuka atau dilewatkan, status tersebut tidak tersimpan dalam folder “.Statuses” ini.

5. Memilih File dan Melakukan Penyimpanan

Perhatikan dengan seksama seluruh status yang masih disimpan dalam folder “.Statuses”. Cara melihat arsip status WhatsApp berikutnya adalah menyortir mana yang hendak disimpan.

Pilihlah status berupa foto maupun video yang ingin dilihat kembali. Caranya mudah, salin foto maupun video yang telah dipilih, kemudian pindahkan file-nya menuju folder lain.

Folder penyimpanan ini bebas, namun sebaiknya memilih yang mudah diakses sehingga dapat dilihat kapan saja dengan mudah. Setelah sudah menyimpannya dengan aman, pengguna bebas untuk menghapus arsip status yang sudah tidak ingin dilihat, agar memori ponsel pintar tidak penuh. Hal ini termasuk dalam menghilangkan cache dan data tidak penting untuk meningkatkan kinerja perangkat.

Demikian informasi mengenai cara melihat arsip status WhatsApp. Pengguna tidak perlu repot melakukan screenshot atau mengunduh aplikasi bantuan untuk membukanya kembali, karena datanya sudah tersimpan dalam folder dalam penyimpanan internal.

Data seluruh aplikasi termasuk WA berada di dalamnya dan kini pengguna tidak perlu bingung jika ingin melihat kembali status yang sudah pernah diunggah sebelumnya.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.