Inilah Cara Melihat SMS yang Terhapus Melalui 2 Aplikasi
Teknologi

Inilah Cara Melihat SMS yang Terhapus Melalui 2 Aplikasi

Berkirim pesan melalui pesan singkat masih menjadi cara untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Contoh perpesanan yang masih digunakan adalah SMS. Saat folder SMS ini mulai penuh, biasanya pengguna akan menghapusnya satu per satu, namun ada kalanya pesan penting ikut terhapus.

Sekarang sudah ada cara melihat SMS yang terhapus melalui bantuan aplikasi tambahan. Ada juga langkah alternatif tanpa aplikasi untuk ponsel pintar jenis tertentu. Inilah beberapa tips yang dapat dicoba.

Melalui Aplikasi dr.Fone

Wondershare merupakan perusahaan untuk pengaturan perangkat Android. Apps populer yang dikembangkan oleh perusahaan ini salah satunya dr.Fone, yaitu aplikasi yang dikhususkan untuk mengembalikan lagi file yang sudah hilang dari hp Android.

Aplikasinya memungkinkan pengguna melihat lagi berbagai data yang telah dihapus dari perangkatnya. Berikut cara mudah menggunakannya:

1. Unduh Aplikasi

Dapatkan aplikasinya yang dapat diunduh dan diinstal untuk laptop dan juga PC. Apps ini bisa diunduh melalui situs resminya. Sesudah aplikasi berhasil terunduh, lakukan instalasi pada komputer. Ambil ponsel Android, lalu bukalah bagian Settings (pengaturan). Ketuk bagian “Developer Options” lalu beri tanda centang di opsi “USB Debugging”.

2. Menghubungkan Perangkat

Bukalah dr.Fone dari komputer. Hubungkanlah perangkat ponsel Android dengan komputer menggunakan kabel data. Cara melihat SMS yang terhapus selanjutnya adalah menunggu sampai aplikasinya membaca perangkat yang dihubungkan.

Tekan “Allow” apabila di Android sudah muncul pesan yang menanyakan perizinan. Berikutnya pilih “Start”, maka proses pemindaian data terhapus akan dimulai. Tunggu sesaat karena proses ini tergantung banyaknya data dalam ponsel.

3. Mengembalikan Pesan

Tekan “Messaging”, berikutnya carilah pesan mana saja yang perlu dikembalikan lagi. Caranya hanya memberi centang pada kotak pesan yang mau di recovery. Sebelumnya, review dahulu pesan tersebut agar tidak keliru. Tekan “Recovery”, lalu pesan yang tadinya dihapus tersebut bisa dikembalikan dan dilihat kembali.

Melalui Aplikasi Myjad Android Recovery

Cara melihat SMS yang terhapus berikutnya yaitu menggunakan aplikasi populer bernama Myjad Android Recovery. Apps ini mampu menunjukkan kembali data yang dihapus dalam perangkat Android serta iOS.

Melauli apps Myjad, pengguna tidak hanya bisa mendapatkan lagi pesan terhapus, namun juga bisa mendapatkan file lain, selama ponsel masih belum diformat. Ikuti langkah berikut ini:

1. Mengunduh Aplikasi

Unduh aplikasi dari komputer, melalui situs resminya. Bukalah aplikasi yang berhasil diunduh, lalu hubungkan perangkat laptop dengan ponsel memakai kabel USB. Hidupkan sub menu “USB Debugging” sama seperti di dr.Fone tadi.

Tunggulah sampai Myjad Android bisa mendeteksi ponsel yang tersambung. Berikutnya akan dilakukan proses scanning. Setelah selesai pemindaian, tekan pada folder bertuliskan “Message”.

2. Memindahkan Pesan

Perhatikan daftar pesan yang disimpan dalam folder “Message” tempat pesan berada. Cara melihat SMS yang terhapus selanjutnya yaitu memilih pesan mana saja yang ingin diambil kembali. Dengan memberi centang dalam box checklist.

Pesan yang berwarna merah artinya sudah dihapus, sedangkan jika hitam artinya masih ada dalam perangkat. Sesudah memilih SMS yang diinginkan, tekan “Recovery”. Perintah ini akan mengembalikan lagi SMS yang dipilih. Setelah muncul notifikasi, ketuk “Ok” lalu cabut perangkatnya dari komputer.

Itu informasi mengenai cara melihat SMS yang terhapus. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak hal yang tadinya tidak terpikirkan menjadi mungkin untuk dilakukan. Pengguna tidak perlu khawatir jika secara tidak sengaja men-delete SMS, karena sudah bisa dikembalikan dengan bantuan aplikasi. Pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi, seperti kemudahan penggunaan dan keefektifannya.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.