Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Jenis Cloud Computing

Terdapat beberapa jenis komputasi awan yang bisa Anda pelajari mulai dari Public Cloud, Private Cloud, dan Hybrid Cloud. Setiap jenis Cloud ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut penjelasan lengkap jenis komputasi awan.

Public Cloud

Jenis komputasi awan yang pertama adalah Public Cloud. Public Cloud adalah layanan cloud yang diperuntukkan kepada masyarakat umum. Untuk menggunakan layanan cloud ini, Anda cukup mendaftar secara gratis dan dapat menggunakan secara langsung. Terdapat dua jenis public cloud yaitu gratis dan berbayar.

Public cloud yang tergolong gratis seperti Windows Lie Mail, GoogleMail, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Untuk Public cloud berbayar seperti SalesForce, Office 365, Windows Azure, Amazon EC2.

Keuntungan dari menggunakan public cloud ini adalah tidak perlu melakukan investasi perangkat keras dan lunak, terutama untuk merawat serta membangun platform atau aplikasi. Anda bisa menggunakan layanannya secara gratis atau bayar sebanyak pemakaian yang dilakukan.

Kekurangan dari public cloud adalah sangat bergantung terhadap kualitas internet yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki kualitas internet yang buruk, maka Anda sangat sulit mengakses Public cloud. Selain itu, keamanan data yang ada di public cloud tidak terjamin secara baik.

Private Cloud

Jenis komputasi awan kedua adalah Private Cloud. Private Cloud adalah layanan cloud yang diperuntukkan bagi organisasi atau para pelaku usaha. Dalam organisasi, biasanya tim IT akan menjadi penyedia layanan dan departemen lainnya sebagai pengguna layanan.

Beberapa contoh penyedia layanan komputasi awan jenis Private cloud seperti Sharepoint untuk kategori SaaS, Web Server + Framework + Database untuk PaaS, dan Virtual Machine yang dikustomisasi sesuai permintaan untuk jenis IaaS.

Keuntungan menggunakan private cloud adalah keamanan data yang tinggi dikarenakan dikelola sendiri. Menghemat bandwidth dikarenakan akses data tidak menggunakan jaringan internet keluar, dan proses bisnis tidak bergantung terhadap koneksi internet dikarenakan menggunakan internet lokal.

Kekurangan dari private cloud adalah investasi yang cukup besar dikarenakan Anda harus membeli beberapa perangkat dan software yang akan digunakan untuk membangun private cloud Anda.

Hybrid Cloud

Jenis komputasi awan ketiga adalah gabungan antara public cloud dan private cloud. Hybrid cloud adalah layanan yang bisa digunakan untuk memilah dan milih proses bisnis yang dapat dipindahkan pada private cloud dan public cloud.

Salah satu contoh layanan hybrid cloud adalah penggunaan Microsoft Azure sebagai rumah untuk aplikasi yang akan dibuat oleh suatu usaha. Namun karena adanya undang-undang, kerahasiaan data pengguna disimpan melalui private cloud.

Keuntungan dari penggunaan hybrid cloud adalah keamanan data yang terjamin lebih baik terutama untuk data para pengguna serta kemudahan untuk pengelolaan data. Selain itu, Anda juga bisa memilih bisnis tertentu yang bisa dimasukkan ke dalam private cloud atau public cloud.

Kekurangan dari hybrid cloud adalah perlu adanya integrasi antara private cloud dan public cloud serta infrastruktur internet pendukung harus dipikirkan secara matang agar konektivitas data tidak menjadi hambatan ketika sedang beroperasi.

List Info Cloud Computing
Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Perkembangan ERP

Pada mulanya proses perencanaan sumber daya usaha berawal pada tahun 1960an dengan konsep perencanaan dan manajemen hanya berlaku pada sektor inventaris dan kontrol di...
Dira Deistya
45 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *