Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Karakteristik Cloud Computing

Tidak semua server pusat bisa disebut sebagai komputasi awan. Terdapat beberapa karakteristik yang membedakan sebuah sistem komputasi awan dengan sistem server terpusat. Menurut National Institute of Standards and Technology (NIST), terdapat 5 karakteristik yang membedakan komputasi awan dengan teknologi server terpusat.

Broad Network Access (BNA)

Salah satu karakteristik pertama sebuah komputasi awan adalah kemudahan akses dan jaringan yang luas. Sebuah komputasi awan dapat diakses oleh berbagai perangkat seperti tablet, smartphone, laptop dan sebagainya. Salah satu contoh Broad Network Access adalah Facebook dan Twitter.

Resource Pooling

Karakteristik kedua dari komputasi awan adalah Resource Pooling. Resource Pooling memberikan layanan Cloud kepada berbagai pelanggan dan bersifat dinamis tergantung kebutuhan dari para pelanggannya. Salah satu contoh adalah Google yang menjadi penyedia ratusan ribu server di seluruh dunia.

On-Demand Self Service

Karakteristik ketiga dari komputasi awan adalah On-Demand Self Service. Karakteristik ini memberikan keleluasaan kepada para pengguna untuk mengatur sendiri layanan yang ingin digunakan berdasarkan kebutuhannya tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan penyedia layanan jasanya. Contohnya adalah Gmail dan sejenisnya.

Measured Service

Karakteristik keempat adalah Measured Service. Measured Service memungkinkan adanya layanan monitoring dan optimalisasi penggunaan sumber daya layanan yang sedang digunakan pengguna seperti tempat penyimpanan, pemrosesan data, bandwidth, dan masa akun yang aktif.

Sehingga para pengguna dapat mengetahui seberapa besar media penyimpanan yang telah digunakan. Salah satu contohnya adalah Dropbox.

Rapid Elasticity

Karakteristik terakhir dari komputasi awan adalah Rapid Elasticity atau fleksibilitas kapasitas layanan. Seorang pengguna dapat dengan mudah meminta untuk menaikkan atau menurunkan kapasitas layanan sesuai kebutuhan para penggunanya. Sehingga layanan komputasi awan bisa menyesuaikan dengan para penggunanya.

List Info Cloud Computing
Rubah Merah Seorang Programer yang hobi menulis dan main game. Pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia IT. Mengerjakan proyek local maupun internasional

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *