Jenis Data Center

Banyaknya layanan data center akan membuat Anda bingung untuk memilih data center yang tepat bagi bisnis Anda. Beberapa data center dibedakan berdasarkan tier yang dipakai oleh data center.

Jenis Data Center

Tier yang digunakan dilihat berdasarkan ketersediaan daya, tingkat ketersediaan, dan sistem pendingin.

Jenis Data Center Tier 1

Jenis data center pertama adalah Tier 1. Tier 1 adalah kelas paling rendah dalam layanan data center dikarenakan Tier 1 hanya memiliki 1 jalur kelistrikan dan satu jalur pendinginan.

Selain itu, jenis ini tidak memiliki komponen redundansi. Tingkat ketersediaan Tier 1 paling rendah dibandingkan yang lain yaitu 99,671%.

Sebagian besar perusahaan-perusahaan kecil menggunakan data center Tier 1 dikarenakan biaya dan kebutuhan yang tidak terlalu besar. Selain itu, down time yang dihasilkan data center Tier 1 adalah 28 jam.

Jenis Data Center Tier 2

Jenis data center kedua yang lebih tinggi dari Tier 1 adalah Tier 2. Secara garis besar, Tier 2 tidak terlalu berbeda jauh dengan Tier 1 dikarenakan hanya memiliki 1 jalur kelistrikan dan 1 jalur pendinginan. Namun Tier 2 memiliki komponen redundansi dengan tingkat ketersediaan lebih tinggi yaitu 99,841%.

Sebagian besar perusahaan-perusahaan kecil menengah menggunakan data center Tier 2 dikarenakan kapasitasnya lebih baik terutama waktu pemanggilan data. Untuk down time pada data center Tier 2 adalah 22 jam.

Jenis Data Center Tier 3

Jenis data center ketiga adalah Tier 3. Tier 3 memiliki keunggulan terutama dalam jalur kelistrikan dan jalur pendingin. Data center Tier 3 memiliki lebih dari 1 jalur kelistrikan dan jalur pendinginan. Namun, jalur kelistrikan dan pendinginan yang aktif hanya 1 jalur dan telah dilengkapi dengan komponen redundansi.

Untuk tingkat ketersediaan dalam data center Tier 3 sebesar 99,982%. Sebagian besar pengguna data center Tier 3 adalah para pelaku bisnis skala besar dikarenakan tingkat responsif pemanggilan data yang baik dengan lama down time sebesar 1,6 jam.

Jenis Data Center Tier 4

Jenis data center terakhir dan terbaik pada saat ini adalah data center Tier 4. Data center Tier 4 memiliki keunggulan terutama dalam penyediaan jalur kelistrikan dan jalur pendingin yang lebih dari 1.

Semua jalur kelistrikan dan jalur pendingin aktif secara bersamaan sehingga mencegah terjadinya loss data akibat mati listrik atau terlalu panas.

Data center Tier 4 juga memiliki komponen redundansi dan dapat toleran terhadap kegagalan dan kerusakan yang terjadi. Tingkat ketersediaan lebih tinggi dibandingkan tier lainnya yaitu 99,995% dengan lama down time sebesar 0,4 jam. Sebagian besar pengguna Tier 4 adalah layanan miliaran dolar seperti Xbox Live dan Windows Azure.

Kelemahan ERP

Meskipun sistem ini memiliki banyak kelebihan, namun dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kelemahan sistem Enterprise Resource Planning yang perlu Anda tahu...
Dira Deistya
27 sec read

Kelebihan ERP

Dengan munculnya sistem ERP-I dan ERP-II, maka pengelolaan dan pengolahan bisnis menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem Enterprise Resource...
Dira Deistya
1 min read

Perkembangan ERP

Pada mulanya proses perencanaan sumber daya usaha berawal pada tahun 1960an dengan konsep perencanaan dan manajemen hanya berlaku pada sektor inventaris dan kontrol di...
Dira Deistya
45 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *