Inilah Cara Membuka File Thumbdata di Android dengan Mudah

Inilah Cara Membuka File Thumbdata di Android dengan Mudah

Banyak mayoritas dari pengguna android yang belum tahu apa itu file thumbdata atau thumbnail? Fungsi dari thumbdata itu apa? Lalu, apa yang akan terjadi jika file thumbdata dihapus? Cara membuka file thumbdata di android? Untuk yang pertama kali akan dijelaskan terlebih dahulu akan dijelaskan apa itu thumbdata atau thumbnails dibawah ini.

Apa itu Thumbdata?

Secara ringkas dapat diartikan bahwa thumbdata atau thumbnails adalah gambar-gambar kecil. Fungsi dari thumbdata atau thumbnails sendiri yaitu untuk menampilkan file data atau gambar ke layar utama guna menghemat memori.

Pasalnya file thumbnails ini diproses seminimal mungkin, akan tetapi masih saja terlihat pengguna belum tahu cara membuka file thumbdata di android ini. Lebih mudahnya lagi, untuk mengetahui lebih lanjut apa itu thumbdata atau thumbnails ini.

Disini akan dicontohkan saat pengguna HP memulai membuka HP nya dan membuka menu galeri. Galeri HP ada banyak folder yang isinya berupa foto ataupun data hasil dari penyimpanan internal maupun didapat dari mengunduh di media internet.

Saat kita membuka awal akan terlihat sangat sulit jika mencari file penting yang akan dipilih namun harus membuka dahulu satu-persatu.Itu akan merepotkan dan sangat memakan waktu cukup lama. Dibawah ini akan dijelaskan langkah membuka file thumbdata atau thumbnails yang mudah.

Langkah untuk Membuka File Thumbdata pada Android

Dengan melihat satu persatu gambar atau data tadi kinerja prosesor dan RAM pun akan meningkat. Semakin besar file dibuka juga akan banyak pula beban kinerja hardware pada HP. Lantas bagaimana cara membuka file thumbdata pada android yang cepat dan tidak memakan RAM ? Berikut ini adalah 3 cara untuk membuka thumbdata di android yang mudah dipraktekkan oleh semua jenis HP :

1. Buka Folder Manager

Pertama yang perlu dilakukan dari cara membuka file thumbdata di android adalah buka folder manager. Sebelum memulai tentunya membuka file manager yang ada pada HP penting dilakukan. Bisa juga dengan membuka folder explorer atau juga bisa dengan klik folder saya. Nanti akan muncul beberapa folder yang ada didalamnya termasuk thumbdata.

2. Buka Folder DCIM

Setelah terbuka beberapa folder pada di HP, langkah selanjutnya adalah untuk membuka file folder DCIM. Klik folder DCIM dan akan muncul file thumbdata atau thumbnails didalamnya. Setelah dibukan file tersebut akan ada beberapa file yang harus dibuka satu persatu dan akan memakan ruang RAM di HP.

3. Klik Ikon Kecil di Ujung Kanan

Fungsi dari ikon ini adalah untuk memudahkan pengguna dari menumpukkan ruang data yang termakan karena harus membuka satu-persatu file thumbdata. Dengan meng klik ikon ini maka file akan terlihat dengan jelas tanpa harus melihat dulu satu-persatu. Klik dan tahan data atau gambar jika file tersebut ingin diletakkan di layar utama HP juga.

Itulah penjelasan dari cara membuka file thumbdata di android tanpa harus memakan RAM. Cara diatas juga mudah dilakukan untuk semua jenis HP ataupun di android. Selain di laptop atau PC, ternyata thumbdata juga tersedia dalam semua android. Cara untuk membuka file thumbdata ini pun berbeda.

File di android hanya dengan membuka file thumbdata hanya dengan membuka file di folder data kemudian mengklik ikon yang sudah ada. Sementara, untuk thumbdata di PC maupun komputer perlu mendownload lagi sebuah aplikasi khusus untuk membuka thumbdata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *