Mudah Inilah Cara Mengatasi Metode Pembayaran Telkomsel Tidak Tersedia
Teknologi, Tutorial

Mudah! Inilah Cara Mengatasi Metode Pembayaran Telkomsel Tidak Tersedia

Banyak orang yang bingung ketika metode pembayaran menggunakan Telkomsel tidak bekerja atau tidak muncul. Para pengguna lebih baik jangan terlalu panik lebih dahulu, karena memang ada banyak hal yang bisa menyebabkan metode pembayaran telkomsel tidak berhasil. Ada banyak cara mengatasi metode pembayaran Telkomsel tidak tersedia.

Cara untuk mengatasi metode pembayaran Telkomsel yang bermasalah ini harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jadi, dalam artikel ini akan dibahas cara mengatasi metode pembayaran Telkomsel yang bermasalah. Sekaligus mengulas penyebab hal tersebut terjadi.

1. Menghapus Data dan Cache Karena Aplikasi Terlalu Berat

Jika pengguna menggunakan metode pembayaran Telkomsel di Play Store namun metode pembayarannya tidak tersedia. Bisa saja penyebabnya karena aplikasi Play Store yang terlalu berat.

Salah satunya karena menyimpan data dan cache yang terlalu banyak. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan para pengguna adalah menghapus data dan cache Play Store.

Data dan cache Play Store dapat dihapus di menu pengaturan dalam pilihan ‘Manajer Aplikasi’. Setelah menghapus data dan cache, buka kembali Play Store dan cek apa metode pembayaran Telkomsel sudah berfungsi lagi atau belum.

2. Kosongkan Slot Sim Card 2

Cara mengatasi metode pembayaran Telkomsel tidak tersedia selanjutnya adalah mengosongkan slot SIM Card 2. Hal ini berlaku pada smartphone yang memiliki tipe SIM Card dual SIM. Mengisi dua slot SIM Card saat transaksi dengan metode pembayaran Telkomsel bisa membuat Google Play Store kesulitan dalam mendeteksi kartu.

Hal ini membuat sistem sulit untuk memutuskan untuk memilih kartu pada slot pertama atau kedua. Ketika sedang bertransaksi ada baiknya pengguna melepas lebih dahulu SIM Card yang ada di slot SIM Card kedua jika ada.

3. Hanya Menggunakan Kuota yang Ada di SIM Card 1

Cara yang ketiga masih berhubungan dengan cara sebelumnya yaitu menggunakan kuota data yang ada di SIM Card 1. Ketika bertransaksi dengan metode pembayaran Telkomsel, lebih baik menggunakan jaringan internet telkomsel pula. Pengguna bisa menghapus data lebih dahulu yang ada di dalam Play Store.

Kemudian membuka aplikasi kembali dengan jaringan internet telkomsel yang ada di SIM Card 1. Hal ini akan semakin mempermudah sistem Google Play Store untuk mendeteksi metode pembayaran mana yang akan digunakan.

4. Setting Ulang Metode Pembayaran Pulsa

Jika metode pembayaran Telkomsel masih saja tidak tersedia maka pengguna perlu mensetting ulang metode pembayaran yang tersedia. Caranya dengan menghapus semua metode pembayaran yang sudah terdaftar di dalam akun. Kemudian pengguna bisa mendaftarkannya kembali setelah beberapa saat.

Hal ini perlu dilakukan karena bisa saja masa registrasi metode pembayaran sudah terlewat. Terutama bagi para pengguna yang sangat jarang menggunakan metode pembayaran di Google Play Store. Jadi, perlu dilakukan cara tersebut sebagai pendaftaran ulang.

5. Memilih Metode Pembayaran Voucher Game

Metode Pembayaran Telkomsel via pulsa memang sering menemui banyak masalah belum lagi dengan biaya pajak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, metode pembayaran pulsa jarang jadi pilihan oleh para pengguna. Ada alternatif lainnya jika para pengguna ingin tetap menggunakan metode pembayaran melalui pulsa.

Para pengguna bisa membeli voucher Google Play Store terlebih dahulu di berbagai aplikasi penjualan online. Bahkan voucher ini juga tersedia di aplikasi My Telkomsel dan pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa. Kemudian pengguna dapat mengisi ulang saldo dalam voucher tersebut dalam Google Play Store.

Itulah cara mengatasi metode pembayaran Telkomsel tidak tersedia beserta penyebabnya. Jika cara-cara di atas tidak berhasil pula, para pengguna bisa mengunjungi kantor Grapari Telkomsel. Hal ini karena kemungkinan besar masalah ada pada akses kartu SIM Card pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.