WiFi Indihome Tidak Ada Internet Ini 5 Cara Mengatasinya
Teknologi, Tutorial

WiFi Indihome Tidak Ada Internet Ini 5 Cara Mengatasinya!

Setiap pengguna WiFi Indihome pasti pernah mengalami WiFi indihome tidak ada internet walaupun jaringan dan perangkatnya sudah terhubung dengan baik. Memang ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari WiFi yang gagal melakukan proses routing ke gateway, gangguan jaringan, sampai serangan dari malware.

Jika pengguna menghadapi situasi seperti maka jangan panik dulu. Berikut ini adalah 5 cara yang bisa jadi pertolongan pertama ketika WiFi Indihome tidak ada akses internet. 5 cara ini bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengembalikan jaringan sebelum mengajukan komplain pada pihak Indihome:

1. Nyalakan Mode Pesawat pada Smartphone

Jika WiFi Indihome terhubung di smartphone namun tidak ada jaringan internet yang terhubung di smartphonenya. Pengguna bisa menyalakan mode pesawat pada smartphone kemudian mematikannya setelah beberapa saat. Hal ini bisa menjadi hal yang pertama kali dicoba ketika tidak ada internet yang masuk dari WiFi.

Kemungkinan besar masalahnya bukan ada pada perangkat WiFi yang mengirim sinyal. Hanya saja, bisa jadi smartphone yang bermasalah untuk menerima sinyal. Hal ini juga efektif untuk mengembalikan akses internet pada smartphone. Baik akses internet melalui WiFi maupun hotspot.

2. Restart Perangkat WiFi

Cara untuk mengatasi WiFi indihome tidak ada internet yang paling sering dilakukan adalah melakukan restart pada perangkat WiFi Indihome. Pertama restart bisa dilakukan pada router, modem, atau wireless router pada perangkat WiFi. Proses restart bisa dilakukan dengan cara mematikan perangkat dengan paksa melalui saklar utama perangkat.

Kemudian tunggu 30 detik sampai satu menit untuk menyalakan kembali perangkat. Setelah perangkat kembali menyala, tunggu hingga lampu DSLnya stabil. Jika sudah stabil, pengguna bisa kembali mencoba menghubungkan WiFi dengan perangkat lain. Kemudian memantau apakah jaringan internetnya sudah pulih atau belum.

3. Router Reboot Melalui Browser

Proses restart router juga dapat dilakukan online melalui browser untuk WiFi Indihome pengguna bisa mengetikkan 192.168.0.1/192.168.1.1 kemudian tekan enter. Setelah itu, masukkan username ‘Admin’ dan password ‘admin’ pada halaman login.

Jika pengguna sudah memiliki akun akses sendiri bisa memasukkan username dan password yang sesuai. Kemudian pilih menu System Tools a Reboot Option biasanya menu ini terletak di sebelah kiri. Kemudian tunggulah beberapa saat sampai akhirnya proses reboot selesai.

4. Mengganti DNS dengan Google Public DNS

WiFi Indihome yang tidak terhubung dengan internet juga bisa diatasi dengan mengganti DNS dengan DNS Google Public. Cara untuk menggantinya pun sangat mudah.

Pengguna harus membuka menu ‘Jaringan dan Pusat Berbagi’ kemudian memilih ikon ‘Control Panel’. Di dalam menu tersebut pengguna memilih menu ‘Jaringan dan Internet. Kemudian cari menu ‘Pusat Jaringan dan Pusat Berbagi’.

Klik pada nama WiFi Indihome yang terhubung kemudian pilih menu ‘Properties’. Pada menu tersebut pengguna bisa mengganti alamat DNS menjadi alamat Google. Setelah itu, tinggal klik ‘Ok’ untuk mengganti DNS dan menutup jendela menu.

Jika DNS sudah diganti, pengguna bisa mematikan dan menghidupkan kembali jaringan internet untuk mengecek kelancaran jaringan.

5. Mengupgrade Driver Adaptor WiFi

Jika cara diatas sudah dilakukan namun jaringan internet tidak juga tersambung mungkin saja yang bermasalah bukan perangkat WiFinya. Melainkan perangkat yang disambungkan ke WiFi, apalagi jika tidak ada jaringan internet ini hanya terjadi pada salah satu perangkat saja. Sementara pada perangkat lain WiFi dapat berjalan dengan lancar.

Jika hal ini terjadi mungkin ada masalah pada driver adaptor WiFi pada perangkat. Jadi, yang harus dilakukan oleh pengguna adalah mengganti atau mengupdate driver adaptor WiFi. Jika memang driver adaptor WIFi memerlukan update akan ada pemberitahuannya di menu pengaturan. Pengguna bisa mencarinya sesuai dengan pengaturan perangkat masing-masing.

Itulah 5 cara mengatasi WiFi Indihome tidak ada internet. Kelima cara diatas dapat dilakukan sebagai penganan pertama. Hanya saja, jika tidak juga membuahkan hasil dan akses internet tidak kunjung kembali, itu berarti sudah waktunya bagi para pengguna menghubungi pihak Indihome secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *